Arung Palakka and Wiiliam Wallace

Pernah nonton film dengan tokoh william wallace yang diperankan oleh ……….. (aku lupa siapa pemerannya, kalau ga salah mel gibson)? tokoh perlawanan skotlandia terhadap kekuasaan kerajaan inggris yang ajalnya berakhir di tiang gantungan. konon tokoh ini memiliki tinggi badan 210cm dengan kemampuan membunuh prajurit inggris 10 orang dalam sekali tebasan pedangnya, terakhir ini konon mitos. tapi tokoh aru palakka bukanlah sebuah mitos, tinggi badannnya yang 210cm bukanlah sekadar rekaan.

Dulu, ketika masih sering berkunjung ke museum di sebelah TK Matannatikka, saya pernah melihat foto asli beliau berdiri berdampingan dengan spellman, pemimpin tertinggi tentara voc di makassar pada masa itu (terlihat dengan jelas kalau aru palakka lebih tinggi sekitar 20cm dari spellman) serta foto aru palakka dengan la patau dan permaisuri. (Jika ada yang sempat, boleh dong photo-photo tersebut dijepret ulang lalu dikrim ke tanah.bone@yahoo.co.id politea@yahoo.co.id blog ini atau langsung ke saya; chenk.benk@gmail.com)

ARU PALAKKA:
kisah tentang perjuangan pembebasan rakyat skotlandia di bawah pimpinan william wallace dari kerangkeng penjajahan kerajaan inggris mempunyai persamaan dengan kisah perjuangan pembebasan rakyat bugis, bone khususnya, di bawah pimpinan aru palakka dari penindasan pembesar-pembesar kerajaan gowa. persamaan kedua tokoh ini tidak hanya pada fisik saja, tetapi juga tentang wawasan kenegaraan. kedua tokoh ini sadar akan pentingnya kemerdekaan sebuah bangsa, pentingnya konsolidasi dan kerjasama dengan kerajaan-kerajaan senasib, dan terakhir, pentingnya otonomi untuk mengelola kerajaan sendiri. jikapun ada perbedaan, aru palakka terlihat lebih cerdik dalam mencari dan menentukan dukungan. sedangkan william wallace hanya berhasil meyakinkan kerajaan-kerajaan kecil atau hanya etnis-etnis tertentu yang masih merupakan sub etnisnya.

aru palakka, sebelum berhasil menyakinkan pihak belanda, rela mengabdikan dirinya kepada voc dan memberikan bantuan prajurit-prajurit tangguh yang dikenal dengan prajurit angke. konon, aru palakka membangun bala tentaranya di angke (jakarta utara) untuk kembali ke makassar melawan kerajaan gowa. prajurit ini berhasil memadamkan pemberontakan tronokloyo di jawa timur dan membumihanguskan kerajaan pariaman di sumatera. bahkan, payung kebesaran kerajaan pariaman disita dan dibawa pulang ke bone. sejak saat itu, pasukan perang aru palakka boleh dibilang pasukan elit dari sekian banyak pasukan dalam tubuh ketentaraan “bayaran” voc. alhasil, sepak terjang aru palakka mendapat perhatian khusus pimpinan voc di batavia dan menjadikan aru palakka sebagai mitra-strategis yang perlu dan harus. sinergi kedua kekuatan ini berhasil melahirkan ketakutan dan kekuatiran luar biasa di pulau jawa dan sumatera. Sedikit banyaknya, kekuatan gabungan ini berhasil meredam pemberontakan kecil di darat.

melihat kekuatan dan keberanian pasukan aru palakka, melalui spellman, voc dan aru palakka kemudian menyusun rencana menyerang kerajaan gowa untuk kemudian menyerahkan kendali kerajaan pada aru palakka. dalam penyerangan tersebut, bebarapa kali terjadi gencatan senjata yang kemudian melahirkan perjanjian bungayya. tidak mengherankan kemudian, aru palakka berfungsi ganda sebagai raja bone juga sebagai kaisar dalam kerajaan-kerajaan bugis-makassar lainnya (mengenai hal ini, belum ada sejarahwan yang berani mengakuinya walau fakta-fakta mendukung standar sebuah kekaisaran, seperti perkawinan politik dll).

(sori ……….. lain kali di sambung…….. ada kerjaan editing) Oleh  Saudara Chenk benk

~ oleh Anjaz pada Juni 23, 2008.

66 Tanggapan to “Arung Palakka and Wiiliam Wallace”

  1. wah……andai Arung Palakka di filmkan , maka pasti tak kalah seru dengan filmnya william wallace….dan pasti gagah berani……

  2. Beberapa hari yang lalu saya kirim email berisi permintaan untuk menulis kisah Aru Palakka di blog ini kepada sdr. Chenk Benk, namun hingga saat ini belum mendapat jawaban.
    Memang menarik untuk mengangkat kisah perjuangan Aru Palakka ini, dan jika memang ada sutradara yang berminat, saya siap membantu mengumpulkan data-data penulisan penyusunan skenarionya. Jika film ini objektif, bisa-bisa seorang tokoh malah tereleminasi dari pentas kepahlawanan. Jangan deh…! Kasihan….toh paraikatte ji.

    • Taddampengekka sappo, nappaika’ kasi magguru maruki. Makkotoro, nappai engka wettukku mitai blogna anritta.

      jika film ini objektif, bisa-bisa seorang tokoh malah tereleminasi dari pentas kepahlawanan.

      Saya tidak sepaham dengan bahasa Dg Baco di atas. Sulit untuk memahami sejarah secara tunggal. Sejarah menurut sifatnya adalah multidimensi, multitafsir. Belajar untuk bijak sappo

  3. wah…saya setuju dgn usulan labaco…!SAYA SIAP JADI PEMAIN UTAMA, APALAGI BANYAK TEMAN YANG BILANG KALAU SAYA MIRIP TOKOH ARUNG PALAKKA, KARENA BADAN SAYA BESAR DAN BEROTOT, RAMBUT GONRONG, JALAN TEGAK,EHHEHEHEHEHHEHE

    DICARI SEGERA SUTRADARA DAN PRODUSER FILM “KISAH ARUNG PALAKKA “.

  4. Ketika kita membaca beberapa literatur berkaitan dengan bagaimana Arung Palakka mempertaruhkan nyawanya demi satu kata yaitu “Maradekai To Bone” dari segala bentuk penistaan yang dilakukan penguasa yang menjajah tanah bone saat itu. Maka kita sebagai putra-putri bugis bone, patut bertanya pada diri sendiri. Apa yang kita telah perbuat untuk Kabupaten Bone. Adakah kita bagian dari upaya untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Bone (kemiskinan, keterbelakangan dll) atau kita adalah bagian dari masalah yang dihadapi oleh kabupaten Bone itu sendiri.

    Bustang A. Mappaseling

  5. Usulan untuk mengatasi masalah di Bone sudah terlalu banyak yang masuk ke Pemda, hanya saja mereka tidak tahu harus memulai dari mana. Belum ada petunjuk dari Bapak Presiden (begitu kira-kira ungkapan klise dari Mantan Menpen, Harmoko). Sehingga terkesan mereka tidak mengerti memaknai hakikat pemberian daerah otonomi. Seolah-olah beban pengagguran, kemerosotan ekonomi, keterbelakang, dll adalah masalah pemerintah pusat. Di sini lah salah kaprahnya pemerintah daerah.
    Berapa persen pengangguran di pusat? Hanya sedikit. Didaerah? Puluhan juta. Angka rilnya saya tidak tahu, lagi malas searching di internet. Masalah angka puluhan juta inilah yang sesungguhnya menjadi masalah PEMDA-PEMDA, jangan di balik. Jika dibalik, sentralisasi kebijakan akan kembali ke pusat dan itu artinya kembali memberi peluang kepada pemerintah pusat untuk memegang kendali pemerintahan dalam segala hal. Ini jelas berbahaya. Demikian pula masalah keterbelakangan menjadio masalah pemerintah daerah.
    Saya setuju dengan ibn A. Mappaseling, “apa yang telah kita perbuat untuk Bone?”

  6. alasan apalAgi yang menghambat ARUNG PALAKKA, untuk menjadi pahlawan kemerdekaan!!!
    Saya kira sudah cukup seminar-seminar yang dilakukan oleh teman-teman untuk memperjuangkan ARUNG PALAKKA untuk menjadi pahlawan kemerdekaan.
    Bukan rahasia lagi kalo Beliau menginspirasi banyak orang di dunia ini…
    so what’s wrong…!

    • Sdr Arumpone yang baik,

      Bagi saya, Arung Palakka tidak pantas menjadi Pahlawan Nasional, sama tidak pantasnya dengan pahlawan-pahlawan nasional yang berjuang melawan Belanda pra-kemerdekaan [hanya berjuang untuk daerahnya, untuk raja dan kerajaannya] –setidaknya pra Sumpah Pemuda 1908. Indonesia baru ada pada tahun 1908 dan diproklamirkan pada tahun 1945.

  7. aruppalakka penghianat, masa sebangsa sendiri di bantai juga.

    • dari Adhie

      aruppalakka penghianat, masa sebangsa sendiri di bantai juga

      Gowa dan Bone tempo doeloe adalah dua bangsa yang berbeda dengan kepentingan yang berbeda pula. Tidak ada penghianatan dalam hal ini. Yang ada pada ‘masa’ itu adalah penjajah [kerajaan gowa] dan terjajah [kerajaan bone]. perbedaan kelas inilah yang diperjuangkan oleh Arung Palakka.

    • bos orang bugis punya siri’ nach jadi jangan sekali” katakan arung palakka itu sebagai penghianat…..

      sappa matekotu mbe’…….

    • adhie bencong anjing pelacur kauuuu

  8. Mungkin tema sebagai Pahlawan mungkin terlalu berlebihan karena tentunya Aru palakka Memiliki kelebihan dan juga kekurangan…

    Tapi bila ada yang memotori sebuah film kisah nyata apa adanya… untuk pembelajaran bagi masyarakat kita … saya adalah garda terdepan utk itu..insya Allah…

    Menarik untuk di angkat adalah jiwa kesatria melawan penindasan itulah jadi sentral utamanya dan tentunya tidak perlu berhadap-hadapan Dengan Sultan Hasanuddin….

    William Wallace..dalam Braveheart adalah film kolosal berhati nurani kesatria terbaik sepanjang masa… ini idenya kenapa tidak bila Arung Palakka pun imagenya kita angkat…

    Masyarakat Bone dan Soppeng tentu akan mendukung bila ada yang berani membuat skenario Seperti Willian wallace yang tidak menonjolkan segi militer tapi segi kesatria seorang pejuang sejati pembebasan sebuah negeri… pasti akan sangat menarik…
    jangankan sebuah perjuangan Arung Palakka petta malampe’e Gemme’na… yang bisa layak jual sebagai sebuah cerita film…

    sebuah perjuangan kecil.. contohnya kepala keluarga memperjuangkan kelangsungan keluarga menjadi menarik bila di garap sebaik mungkin…. apalagi “Arung Palakka” yang sangat fenomenal dan juga punya daya jual tinggi.

    Jadikanlah sebuah film cerita yang membuat kita masyarakat sulawesi selatan Bone, Gowa, Soppeng, Wajo, Luwu dan daerah lainya menjadi bangga ada di dalamnya.

    Sebuah cerita tentang hati nurani yang tulus, serta perjuangan tanpa henti adalah inspirasi bagi semua manusia…. itulah yang saya idam-idamkan dan “Dan itu ada dalam Sosok Arung Palakka Petta Malempe’e Gemme’na matinroe ri Bontoala!

    Wassalam

  9. saya adalah salah seorang team pembuatan monumen aru palakka. dan sebelum pembuatan monument seluruh literatur mengenai beliau saya lahap habis. sampai membuka brankas pusaka ASLI aru palakka yang letaknya di samping rumah dinas bupati sudah saya masuki. Dan konon tidak semua orang bisa masuk dan melihat keris asli, tombak asli, mahkota asli, selempang emas asli, dan bahkan sisa potongan rambut beliau. jadi kalau mau bikin film bisa dong saya yang buat propertinya… hehehe..

  10. wwahhh klo sang raja di filmkan. q akan sewakan kuda semua deh buat anak cakkeware pergi nonton he20x.bagi yang berminat hub.co.081343…….

  11. Ingat saudaku!!! negeri ini lahir dari tangan para pejuang yg rela mati untuk mengusir penjajah (VOC).

  12. sekalian filmkan (set film Palakka) penderitaan tanah Wajo setelah perjanjian Bungaya…..!
    Nah nanti nyusul dibuatkan film La Maddukkelleng……..pasti lebih hebat, soalnya dikepung dari berbagai raja-raja di bawah komando Dinasti Bontoala.
    Nah, filmnya kemudian disandingkan. Kira-kira yang mana hebat?
    Perang Sulhas melawan VOC feat Arpal, sebenarnya imbang, sama-sama pancappurengna meni. Pada-pada makiringeng duta millau gencatan sejnata sementara. Heheehe……..

  13. BUAT ADIE YANG MENGATAKAN ARUNG PALAKKA PENGHIANAT:OK KALAU GITU,JADI ORANG YANG MENJAJAH TANAH BONE PADA MASA KERAJAAN ARUNG PALAKKA,DI SEBUT APA……..DOUBLE PENGHIANAT.

    THO BHONE KOE

    • saya setuju dengan Ardhy dan saya sangat tidak terima arung palakka dikatakan sebagai penghianat…………

      idi tawu ugi punna siri’ brow……

    • Intinya adalah Kerajaan Bone pada akhirnya meluluh lantakkan kerajaan gowa….( sejarah ) jgn dgn dalih penghianat negara…..emang RI udah ada pada saat itu…itupun soekarno memproklamirkan RI atas restu kerajaan2 yg ada di nusantara…..

    • aku juga benci sama orang yang mengatakan Arung Palakka penghianat. demi Bone ji dia lakukan itu,,, untuk apa??
      semua hanya untuk kabupaten Bone. Beliau tidak mau BOne dikuasai oleh orang yang tidak pantas. Kalau tidak ada Arung Palakka, Bone tidak setenar seperti sekarang toch??!

  14. Saya keturunan ke tujuh dari Aru Palakka di perantauan, tidak terima jika ada yg mengatakan monyangku penghianat, apa yang diperjangkan oelhnya adalah kepentingan rakyatnya bukan kepentingan kebangsawannya….

  15. degaga jago tettei arung palakka sang pembebas,pada troiki siri’ aleta’salam hangat ana’ bona khoe’

    • keturunann ketuju darimanako sedangkan Arung palakka tak punya anak rnnampak betul ki ngaku-ngaku arung tabe bacaki dolo lontara koengka lontarata kodegaga bukan keturun bangsawa

  16. sekalian filmkan (set film Palakka) penderitaan tanah Wajo setelah perjanjian Bungaya…..!
    Nah nanti nyusul dibuatkan film La Maddukkelleng……..pasti lebih hebat, soalnya dikepung dari berbagai raja-raja di bawah komando Dinasti Bontoala.
    Nah, filmnya kemudian disandingkan. Kira-kira yang mana hebat?
    Perang Sulhas melawan VOC feat Arpal, sebenarnya imbang, sama-sama pancappurengna meni. Pada-pada makiringeng duta millau gencatan sejnata sementara. Heheehe……..

    Penonton lebih hebat … Siapakah La Maddukkelleng? Silsilahnya bisa anda baca di sini

    Sejarah ketokohan dan kepahlawanan La Tenri Tatta Arung Palakka mapupun La Maddukkelleng Daeng Simpuang Puanna La Tobo Arung Peneki untuk memimpin sekutunya hanyalah serpihan kecil dari lembaran panjang sejarah Bugis. Keberadaan kita sekarang tidak lepas dari ‘kepemimpinan’ pendahulu kita; keberaniannya, kecerdasannya, kelicikannya, kekejamannya, dll. Sepatutnyalah kita berjuang untuk membangun peninggalan mereka –daerah masing-masing– daripada menghujat dan mengkultuskan seseorang.

    Trims

  17. Saya ingin tau silsilah dari BUKELE PETTA BETTA MATINRO’E RI LALENG BENTENG DI SIWA.dan tolong tampilkan juga cerita tentang PEMBERONTAKAN PETANI DI UNRA.sblmnya saya ucapkan terima kasih.

  18. sy adalah keturunan Yang diberi gelar ANDI LOLO,,,,, Sy adalah anak bone yg juga BEsar diperantauan yg bisa merasakan walaupun tak melihat,,,,,,, Raja Gowa dan seluruh kerucut2nya cenderung memakai tameng untuk memvonis ARU PALAKKA sebagai penghianat,,,, akan tetapi raja gowa gentar menghadapi ARU PALAKKA, karena ARU PALAKKA Bersama VOC AKan Menghancurkan dan membumiHanguskan kalian semua,,,, penghianat atau tidaknya semua dihati ada nurani anak Bone…..

  19. Asnawi Rizal,,,,,, entah itu betul atau salah yg kamu tuliskan ,,,,, tapi ingat brow,,,,, Orang bugis juga Punya siri” jangan Skali2 mengatakan suatu kata yg memvonis bahwa Aru Plakka penghianat,,,,, Mati loh Brow,,,,,

    • jangan penah mengatakan bahwa arung palakka itu sebagai penghianat,,karna bagi kami orang bugis arung palakka adalah sosok pahlawan yang sampai kapanpun akan kami kenang keberaniannya dalam memerdekan orang bugis…..

      jagai aseng’ makessinna tawu ugi rilaleng’ linoe….. saba idi punna siri’……

      • tp,banyak jg org bugis yg mengangap Arung palakka bukan sbagai pahlawan u/ kerajaan bugis,tp hanya pahlawan bgi orang bone n soppeng.. Cntohnya org wajo,pinrang.sidrap.dll… Hanya org bone saja yang membsar2kan namanya..

  20. adhie …
    wawasan di asah dl baru komentar, perbanyak baca buku sejarah arung palakka jangan cuman 1 halaman.
    Perselisihan arung palakka dengan raja gowa sebelum NKRI diproklamirkan, yang ada pada masa itu sistem kerajaan.
    Arung palakka melawan raja gowa yg menjajah tanah bone sampai 10.000 rakyat bone dipekerjakan paksa membangun benteng somba opu bahkan sebagian meninggal termasuk orang tua arung palakka.
    Pertanyaan siapa yang penjajah, arung palakka atau raja gowa ?.
    Sampai kapan pun ARUNG PALAKKA Raja BONE Sosok pahlawan bangsa bugis bone.
    Adhie …,, pake otak jangan asal bunyi.

    • betul sekali!!!
      makanya kalau tidak tau apa2, n pengetahuanmu terbatas, belajarki sedikit dek. jangan sampai memvonis sesuatu yang tidak semestinya. salahmki itu namanya dalam hal pengambilan keputusan..

  21. salut akan rajaku

  22. susah dunk kalo cuma arung palakka yang jadi pahlawan,memangx cuma dia yg raja di bone melawan belanda.trus raja pertama dan raja terakhir nggk di igat.ituma bukan melestarikan sejarah bone.raja2 itukan juga melawan belanda.kenal sejarah harus tau raja pertama zpa dan raja terakhir zpa.kok tengahx doang.

    • semua juga diingatji, tapi yang dibahas di sini kan Arung Palakka. begitu ceritanya puaaaang!!!!

  23. sori brow. sy mau bertax,siapa raja bone pertama , perempuan ato laki2 ???

    • Ini nama raja-rajanya bro :

      MANURUNGNGE RIMATAJANG MATASILOMPOE (1330 – 1365)
      LA UMMASA PETTA PANRE BESSIE (1365 – 1368)
      LA SALIU KERANG PELUA (1368 – 1470)
      WE BENRIGAU MALLAJANGNGE RI CINA (1470 – 1510)
      LA TENRI SUKKI MAPPAJUNGE (1510 – 1535)
      LA ULIO BOTOE MATINROE RI ITTERUNG (1535 – 1560)
      LA TENRI RAWE BONGKANGE MATINROE RI GUCINNA (1560 – 1564)
      LA ICCA MATINROE RI ADDENENNA (1564 – 1565)
      LA PATTAWE MATINROE RI BETTUNG (1565 – 1602)
      LA TENRI TUPPU MATINROE RI SIDENRENG (1602 – 1611)
      LA TENRI RUWA SULTAN ADAM MATINROE RI BANTAENG (1611 – 1616)
      LA TENRI PALE MATINROE RI RI TALLO (1616 – 1631)
      LA MADDAREMMENG MATINROE RI BUKAKA (1631 – 1644)
      LA TENRI WAJI ARUNG AWANG MATINROE RI SIANG ( PANGKEP) (1644 – 1645)
      LA TENRI TATTA DAENG SERANG MALAMPEE GEMMENA ARUNG PALAKKA (1645 – 1696)
      LA PATAU MATANNA TIKKA MATINROE RI NAGAULENG (1696 – 1714)
      BATARI TOJA SULTAN SAINAB SAKIYATUDDING (1714 – 1715)
      LA PADASSAJATI TO APPAWARE SULTAN SULAEMAN PETTA RI JALLOE (1715 – 1718)
      LA PAREPPA TO SAPPEWALI SULTAN ISMAIL MATINROE RI SOMBA OPU (1718 – 1721)
      LA PANAONGI TO PAWAWOI ARUNG MAMPU KARAENG BISEI (1721 – 1724)
      BATARI TOJA DATU TALAGA ARUNG TIMURUNG (1724 – 1749)
      LA TEMMASSONGE TO APPAWALI SULTAN ABDUL RAZAK MATINROE RI MALIMONGENG (1749 – 1775)
      LA TENRI TAPPU SULTAN ACHMAD SALEH MATINROE RI ROMPEGADING (1775 – 1812)
      TO APPATUNRU SULTAN ISMAIL MUHTAJUDDIN MATINROE RI LALENG BATA (1812 – 1823)
      I MANI RATU ARUNG DATA SULTAN RAJITUDDIN MATINROE RI KESSI (1823 – 1835)
      LA MAPPASELING SULTAN ADAM NAJAMUDDIN MATINROE RI SALASSANA (1835 – 1845)
      LA PARENRENGI SULTAN AKHMAD MUHIDDIN ARUNG PUGI MATINROE RI AJANG BENTENG (1845 – 1857)
      WE TENRI WARU SULTANAH UMMULHUDA PANCAITANAH, BESSE KAJUARA PELAINGI PASEMPE (1857 – 1860)
      ACHMAD SINGKERUKKA SULTAN ACHMAD IDRIS MATINROE RI PACCING (1860 – 1871)
      FATIMA BANRI DATU CITTA MATINROE RI BOLAMPARENA (1871 – 1895)
      LAWAWOWOI KARAENG SIGERI MATINROE RI BANDUNG (1895 – 1905)
      LAMAPPANYUKKI SULTAN IBRAHIM MATINROE RI GOWA (1931 – 1946)

  24. bingung….
    saya bukan orang bone ataupun gowa
    cuma apa pantas seseorang disebut pahlawan sedangkan berkoalisi dengan penjajah belanda yg notabene menjajah, merusak dan merampas..??
    apakah betul raja gowa pd saat itu menjadikan budak rakyat bugis..??
    mohon literaturnya

    • Arung Palakka menggunakan kemampuan Diplomasinya. dia tidak merampas apa2 hanya dia yang dirampas. orang tuanya terbunuh di Gowa, kerajaan Bone udah dibuat kacau oleh Sultan Hasanuddin, semua hasil bumi dirampas,,,
      apa lagi yang mau dibiarkan jika semua itu terus2 berlanjut???
      kalaw mau literaaturnya, cari di Toko buku judulnya… SELAYANG PANDANG KERAJAAN BONE. terlalu panjang kaw mau kuketik di sini.

  25. bagaimana mungkin 2 orang yang berperang ,tapi keduanya minta diakui sebagai pahlawan?Sultan Hasanudin sebagai pahlawan nasional karena melawan VOC,dari sudut pandang mana Aru Palaka bisa jadi Pahlawan Nasional,sementara Pasukannya dimanfaatkan VOC untuk menghancurkan kerajaan2 yang tidak mau bekerja sama dengan VOC?seandainya dia tidak bekerja sama dgn VOC ,mungkin bisa dipertimbangkan,tapi sejarah tidak mungkin dirubah…….dan kita semua tahu bagaimana VOC akhirnya membantai penduduk di kerajaan2 Nusantara untuk menegakkan monopolinya…..yang penting sekarang kita sebagai bangsa tetap bersatu untuk masa depan,ambil nilai positif dari sejarah untuk melangkah kedepan

    • maaf karna anda sebagai perwira barang kali sebenarnya Arung palakka salah kalu dibilang kerja sama dengan VOC memerangi kerajaan lain kebetulan VOC takut sama Arng Palakka maka tak ada jalan lai kecuali mengajak nya berteman .karna arung palakka tidak diganggu ia juga tidak mesui VOC pada saat tetapi kenyataanya setelah betul betul mejadi raja dan berdaulat dan teganggu sama belanda akhinya iapun memrngi belanda .perlu diluruskan pada jaman itu belum ada NKRI jadi belum ada kepentingan Nasional sama semua raja hanya membela kerajaan nya jadi salah kalau ada yang mengatakan Arung Palakka Antek VOC .VOC yang membantu Kenapa ? itulah hebatnya Arung palakka bisa mengendalikan VOC untuk membantuya Taktik Perang Komandan maaf tolong jaga perasaan orang bugis dengan tidak membuat tuduhan tidak berdasar .

      • bull shiittttttttttttttt haaaaahaaa

      • Terus setelah rakyatnya merdeka dari gowa setelah menaklukkan kerajaan gowa sang aru palakka bersama VoC lanjut menaklukkan mataram, padang, banten, ternate dll, dan siapakah menurut anda yang manfaatkan???

  26. baca blog tetangga dari minangkabau berikut http://pelaminanminang.com/sejarah-minangkabau/petualangan-kapten-yonker-dan-aru-palaka-di-minangkabau.html
    apa salah dan dosa rakyat minangkabau thdp aru palaka?

    • maaf kami tidak perna menghina moyang kalian karna itu tidak baik jadi tolong jangan menghina moyang kami karna orang yang mengjat samaja mengadu domba sama juga ketunan anak haram belanda maaf beribu maaf

  27. bone slalu d hatiq

  28. SI,PAKALEBBI
    SI,PAKATAU
    SI,PAKASIRI
    SI,ADDAPPENGENG
    ADA2 MADECENG NA,MATORO.
    TENGGERANGGI ADETTA NA,AMMULANGETTA NA,PACCAPPURETA…TANA OGI,TANA ANCAJINGEKKU.

  29. ArungPalakka tetap pahlawan di banggakan oleh warga bone n skitarnya, walaupun Bkn Phlwan Nasional.. No Problem… yg Jlsnya Dia Adalah penyelamat Warga Bone dri penjajah kerajaan Gowa pada saat itu.., knp dia bkerja sm Dngn VOC..? itu keadaan terpksa n terdesak.. Arungpalakka kan juga punya politik….buktinya smpai skrng.. tanah Bone Luassssssss…..hehehehehe….. bone khoe..

  30. ada yang tau nama Petta I La bentang itu siapa dan silsilahnya ?

  31. Ucapan / cerita (kalimat) pertama biasanya mengandung kebenaran 99% lebih baik dari pada cerita kedua dan seterusnya. Karena cerita kedua dst sudah terdapat unsur2 mencari pembenaran, mengelabui atau pun mengaburkan cerita pertama. Coba bayangkan, kitab Lagaligo yg notabene berasal dari Luwu pun diakui sebagai kepunyaannya. Turunannya yg besar dan hidup di Malaysia, jg mengakui bhw Malaysialah milik asli tari Ronggeng dan msh byk lg klaim-mengklaim yg menjd watak org2 ini. Jd tampak jelas disini, karakter asli orang2 yg mengaku hebat ternyata jauh lebih rusak dan hancur drpd orang lain. Benar kata orang, sejarah tidak akan pernah bohong, tetapi yg banyak dustanya adalah sejarahwan yg memutar balikkan fakta dengan harapan eksistensinya sebagai raja pengkhianat mendapat pengakuan dari orang lain. Apalg sejarahwannya berasal dari orang2 yg mengaku dan mengklaim diri sebagai suku terbaik di Nusantara ini. Liat az si Nurdin Halid, mengklaim diri sebagai orang baik2 dengan memperlihatkan wajah kejujuran dan tak bersalah tp ternyata menjadi salah satu perampok terbesar dlm sejarah kasus minyak goreng ( 144 Milyar). Semua org Indo mencibir atas kebohongan2 dia dalam kepengurusan PSSI. Andi Malarangeng dalam mencapai tujuan utk mendpt jabatan di pemerintahan telah berkhianat kepada sukunya sendiri berkat darah pengkhianat yg mengalir dlm jiwanya. Belum lg si Andi Nurpati, diam2 berupaya menutupi kejahatannya (spy dikatakan sukunnya baik2) dgn berlindung dlm suatu partai besar. Andi Muhammad Ghalib telah mendapat mobil mewah dr pengusaha sebagai bentuk suapan terhadap beliau. Ini semua sebagian kecil dari darah kotor yg mengalir ke suku is the best (muntah deh) dari si pengkhianat yg berdampak pada kerusakan sistem pemerintahan yg sdh berjalan baik. Hidup Bone….bodoh lg nekat

    • ku tambahin brow sewot :: pernyataan bahwa aru palaka tidak MENGHIANATI bangsa indonesia karna NKRI blm ada waktu itu, kita pakai aj :”Tapi Jangan memaksakan dia jadi Pahlawan diindonesia karna indonesia berjuang melawan belanda” jadi bagai mana mungkin kami menghianati leluhur kami yang melawan belanda dengan dipaksa setuju dengan Status Pahlawan Negara kan omong kosong, pujalah dia di kampungnya saja, karna kita berbicara negara INDONESIA yang katanya tidak Pernah di KHIANATI aru palaka jadi jangan memaksa..ya alih2 katanya suku yang jago dimana2 Buat negara sendiri lah trus angkat dia sesukamu kalau perlu jadikan tuhan sekalian konon katanya sudah di pujah2 jd sekalian lah…mumpung masih MERASA JAGO….. hhhhhhhhhhhhhh semoga suku Bangsa Ini diberi petunjuk oleh ALLAH ….amiiiiiiin

  32. bone slalu jaya di mana-mana.

    taro ada taro gau.

  33. emangnya km org ap..? Smua org g sama.. Yang kami banggakan disini,raja kami arung palakka…. Kami g mengatkan kalau org bgis pada umumnya dan bone pada khususnya baik… Atau g punya slah. Tapi yang jelasnya aku bangga jd org bugis,coba km jalan2 k samarinda,d sana anak bugis x me2gang kendali,dsana org jawa berani klau ad pangkatnya,ad nyalinya kalau pake seragam. cba org bugis,mau ad pangkat atau g ad ttap berani…. Coba,ceritakan tentang sukumu..,!

    • ikam ini bepandir kada befikir,,,,dimana disamarinda anak bugis megang kendali..jd sampah masyarakat banyak…jujur aja lah nda ada yang bisa di banggakan….berani karna banyak iya,,berani karna dari belakang iya…perbaiki dulu pola hidup tunjukkan budaya dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung kau di Indonesia sekarang bukan di bone jangn jadi hama…dikampung org….oke

  34. bossqu Lunu,,
    Urang apa Pian..?
    Banjarkah Bugis pian..?
    Pinanya tutuk banar Banjar kita ni,,Piss lah bossqu

  35. di malaysia aja di knal orang bugis yg sangat baik sopan dan sangat di hargai sama orang malaysia

  36. […] Arung Palakka and Wiiliam Wallace […]

  37. La tenri tatta’

  38. Arung Palakka 210 cm? Lebay Lo.. Jaman dulu mana ada Foto_kalo ga ngibul pasti Bego ni yang punya Blog. Lagian mana ada orang Bugis yang badannya Tinggi, kalo orang Ambon gw Percaya. di Belanda banyak ni Ambon badan nya Tinggi Besar, Punya Geng Motor bernama SATUDARAH

  39. anak bugis vs anak makassar…..semuanya pada goblok ributnya cuma d’blog kalau punya nyali ketemu aja lalu duel gak usah gede bacot lu semua….taelaso ko semua

  40. JAti diri leluhur pada dasarnya mengajarkan adat sopan santun dlm sikap dan berucap. Itulah sikap dan perilaku bangsawan(raja) yg sebenarnya. Selalu menghormati lawan, menghargai musuh, bukan berarti penakut atau lemah, melainkan menunjukkan jati diri yg sebenarnya kalo mereka itu kuat. Tak ada gunanya medebatkan suku atau ras, bisa2 mengahncurkan persatuan dan kesatuan kita sebagai negara RI. Mari mempererat persatuan dan kesatuan. Masa lalu jadikan pelajaran dan motivasi untuk membenagun Indonesia yg lebih jaya di mata dunia.

  41. nurdin halid, andi mallarangeng, itu orng bugis bone, bugis itu banyak, bagi sy, makassar tanah kelahiranku, kedua orang tua berasal dr tanah bugis, sy selalu diajarkan bertindak cepat tp tdk terburu buru, selalu berkata benar yg sesuai dgn perbuatan.., jd klw mau hina, hina sja yang berhianat jgn hina org bugis,, jujur sy sedikit anti dgn badik dibelakang, alon-alon asal kelakon adalah suatu prinsip pembodohan.., dalam hal ini sya masih sedikit berpihak ke bone, dibanding pulau seberang lautan sna (jawa),, mana yang lebih banyak koruptornya, jelas jawabannya….
    dan coba renungi, bapak anti korupsi RI, (Baharuddin Lopa), beliau berasal dr tanah sulawesi (mandar), serta muridnya pak Abraham Samad, jg berasal dr tanah sulawesi (Makassar).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: