Arung Palakka, Sang Jagoan Batavia

Arung Palakka

JAUH sebelum menaklukan Sultan Hasanuddin di Selat Buton, Arung Palakka adalah seorang jagoan tanpa tanding yang ditakuti di seantero Batavia. Lelaki gagah berambut panjang dan matanya menyala-nyala ini memiliki nama yang menggetarkan seluruh jagoan dan pendekar di Batavia. Keperkasaan seakan dititahkan untuk selalu bersemayam bersamanya. Pria Bugis dengan badik yang sanggup memburai usus ini sudah malang melintang di Batavia sejak tahun 1660, ketika ia bersama pengikutnya melarikan diri dari cengkeraman Makassar.

Batavia di abad ke-17 adalah arena di mana kekerasan seakan dilegalisir demi pencapaian tujuan. Di masa Gubernur Jenderal Joan Maetsueyker, kekerasan adalah udara yang menjadi napas bagi kelangsungan sistem kolonial. Kekerasan adalah satu-satunya mekanisme untuk menciptakan ketundukan pada bangsa yang harus dihardik dulu agar taat dan siap menjadi sekrup kecil dari pasang naik kolonialisme Eropa. Kekerasan itu seakan meneguhkan apa yang dikatakan filsuf Thomas Hobbes bahwa manusia pada dasarnya jahat dan laksana srigala yang saling memangsa sesamanya. Pada titik inilah Arung Palakka menjadi seorang perkasa bagi sesamanya.

Aku menemukan nama Arung Palakka saat membaca sebuah arsip di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Barusan, aku juga membaca sebuah novel yang berisikan data sejarah tentang Batavia di masa silam dengan sejarah kelam yang membuat bulu kuduk bergidik. Selama beberapa hari ini, sejarah Batavia seakan berpusar terus di benakku. Berbagai referensi itu menyimpan sekelumit kisah tentang pria yang patungnya dipahat dan berdiri gagah di tengah Kota Watampone.

Arung Palakka adalah potret keterasingan dan menyimpan magma semangat yang menggebu-gebu untuk penaklukan. Ia terasing dari bangsanya, bangsa Bugis yang kebebasannya terpasung. Namun, ia bebas sebebas merpati yang melesat dan meninggalkan jejak di Batavia. Ia sang penakluk yang terasing dari bangsanya. Malang melintang di kota sebesar Batavia, keperkasaannya kian membuncah tatkala ia membangun persekutuan yang menakutkan bersama dua tokoh terasing lainnya yaitu pria Belanda bernama Cornelis Janszoon Speelman dan seorang Ambon yang juga perkasa bernama Kapiten Jonker. Ketiganya membangun persekutuan rahasia dan memegang kendali atas VOC pada masanya, termasuk monopoli perdagangan emas dan hasil bumi.

Ketiga tokoh yang teralienasi ini adalah horor bagi jagoan di masa itu. Speelman adalah petinggi VOC yang jauh dari pergaulan VOC. Dia tersisih dari pergaulan karena terbukti terlibat dalam sebuah perdagangan gelap saat masih menjabat sebagai Gubernur VOC di Coromandel tahun 1665. Arung Palakka adalah pangeran Bugis yang hidup terjajah dan dalam tawanan Makassar. Ia memberontak dan bersama pengikutnya melarikan diri ke Batavia. VOC menyambutnya dengan baik dan memberikan daerah di pinggiran Kali Angke, hingga serdadu Bugis ini disebut To Angke atau orang Angke. Sedang Kapiten Jonker adalah seorang panglima yang berasal dari Pulau Manipa, Ambon. Dia punya banyak pengikut setia, namun tidak pernah menguasai satu daerah di mana orang mengakuinya sebagai daulat. Akhirnya dia bergabung dengan VOC di Batavia. Rumah dan tanah luas di daerah Marunda dekat Cilincing diberikan VOC kepadanya.

Baik Speelman, Arung Palakka, dan Kapiten Jonker sama-sama berangkat dari hal yang sama yaitu keterasingan. Ketiganya punya sejarah penaklukan yang membuat nama mereka menjadi legenda. Speelman menjadi legenda karena berhasil membuat Sultan Hasanuddin bertekuk lutut di Makassar dalam sebuah perlawanan paling dahsyat dalam sejarah peperangan yang pernah dialami VOC. Bersama Arung Palakka, Speelman menghancurkan Benteng Sombaopu yang menjadi momok bagi VOC serta rintangan (barikade) untuk menguasai Indonesia timur, khususnya jalur rempah- rempah Maluku, pada bulan November 1667.

Arung Palakka sangat populer sebab berhasil menaklukan Sumatra dan membumihanguskan perlawanan rakyat Minangkabau terhadap VOC. Arung Palakka menyimpan dua sisi diametral: di satu sisi hendak membebaskan Bugis, namun di sisi lain justru menaklukan daerah lain di Nusantara. Kisahnya berawal pada tahun 1662, dibuat perjanjian antara VOC dengan pemimpin Minangkabau di Padang. Perjanjian yang kemudian di sebut Perjanjian Painan itu bertujuan untuk monopoli dagang di pesisir Sumatera, termasuk monopoli emas Salido. Sayang, rakyat Minang mengamuk pada tahun 1666 dan menewaskan perwakilan VOC di Padang bernama Jacob Gruys. Arung Palakka kemudian dikirim ke situ dalam ekspedisi yang dinamakan Ekspedisi Verspreet. Bersama pasukan Bugis, ia berhasil meredam dan mematikan perlawanan rakyat Minangkabau hingga menaklukan seluruh pantai barat Sumatera, termasuk memutus hubungan Minangkabau dengan Aceh. Kekuasaan VOC diperluas hingga Ulakan di Pariaman. Di tempat inilah, Arung Palakka diangkat sebagai Raja Ulakan.

Sedang Kapiten Jonker punya reputasi menangkap Trunojoyo dan diserahkan pada pegawai keturunan VOC keturunan Skotlandia, Jacob Couper. Tiga tokoh yaitu Speelman, Arung Palakka, dan Kapiten Jonker telah menaklukan Nusantara di Barat, Tengah, dan Timur. Mereka punya andil besar untuk mengantarkan VOC pada puncak kejayaannya pada masa Gubernur Jenderal Joan Maetsuyker. Tidak heran kalau ketiga tokoh ini menjadi tulang punggung kekuatan VOC pada masa itu. Maetsueyker tidak berani menolak permintaan ketiganya sebab mereka punya bala tentara yang besar. Di luar ketiganya, ia hanya mengandalkan serdadu bayaran multibangsa dengan loyalitas yang rendah. Akibat kekuasaan yang besar serta penguasaan monopoli emas ini, Speelman berhasil menjadi Gubernur Jenderal VOC pada tahun 1681.

Sayangnya, kisah menakjubkan dari tiga jagoan Batavia ini harus berakhir dalam waktu yang tidak lama. Musuh Speelman yaitu perwira asal Perancis bernama Isaac de’lOrnay de Saint Martin langsung bergerak. Komandan perang yang memenangkan peperangan di Cochin, Colombo, Ternate, Buton, Jawa Timur, dan Jawa Barat ini, berhasil mengungkap semua korupsi dan keculasan Speelman hingga akhirnya Speelman disingkirkan dari posisi Gubernur Jenderal. Isaac juga berhasil mempengaruhi Gubernur Jenderal Champuys untuk menyingkirkan Kapiten Jonker. Wilayah kekuasaan pria Ambon ini di Pejonkeran Marunda dikepung, kemudian diserang. Kapiten Jonker tewas terbunuh dalam penyerbuan itu. Kepalanya dipancung dan dipertontonkan. Pengikutnya dibunuh dan keluarganya diasingkan ke Colombo dan Afrika.

Sedang Arung Palakka disingkirkan secara halus dengan cara memasung langkahnya untuk tetap menjadi Raja Bone, kemudian kekuasaannya dikontrol dari Benteng Rotterdam. Pria Bugis ini dijauhkan dari hiruk-pikuk politik di Batavia sehingga kehilangan semua kuasa dan pengaruh besarnya di jantung kekuasaan VOC. Ia seakan diasingkan agar tidak lagi membangun networking atau jaringan dengan bala tentaranya di Batavia. Hingga akhirnya Arung Palakka kesunyian dan menjemput ajalnya di bumi Sulawesi. Namun, namanya telah terpatri sebagai jagoan tanpa lawan di tanah Batavia.

Oleh : Yusran Darmawan

About these ads

~ oleh Anjaz pada April 5, 2008.

178 Tanggapan to “Arung Palakka, Sang Jagoan Batavia”

  1. Sebuah tulisan yang sangat menyentuh….

    • sangat licik kerjaan gowa atas nama kejayaan dia tega menjajah orang bugis,, ttp setelah mereka dikalahkan oleh arung palakka
      mereka dngn licik mengatasnmakan diri mereka indonesia yg blum ada saat itu,,, akibtx arug palakka jd korban krlicikan dan kesundalaanx sampai di cap sbg penghianat>>
      LATENRITTA PAHLAWAN yg tiada sejajarx dngn pahlawan kerajaan disulawesi manapun
      BONE,SOPPENG,SIDRAP,DAN DUGIS LAINNX KKOOEEEE
      WAJO tegax kau membantu kerajaan gowa menjajah saudara sendiri
      hax karena kaupun takut dijadikan budak oleh gowa
      Pokokx kerjaan bone yg lebih berjaya dr pd gowa baik jaman dulu sampai skarang,, cm pelajaran sejarah di skolah lebih berpihak kepada kejayaan gowa yg menjajah bugis bangsa sendiri
      padahal setelah bone menguasai sulawesi bone tdk sedikitpun menjadikan budak para tetanggax
      selamat atas suksesx kelicikan dan kecemburuanmu dngn bangsa bugis,, sehingga arung palakka disebut sbg penghianat..
      hax ALLAH YG TAHU

  2. Sayang ya…. kehebatan itu ditangan spelman, coba blio berada dipihak Dipenegro, atau Imam Bonjol tentu proses kemerdekaan akan semakin cepat. Tetapi karena ditangan spelman maka proses percepatan penjajahan di Nusantara cepat terjadi karena bantuan sang jagon bugis.

    Gua inget, kehebatan sang fir-aun, atau dajjal. Mereka semua juga hebat dalam legenda sampai Tuhan pun dilawan. Tapi apa artinya semua kehebatan cerita, jika dicibir dalam sebagian hati manusioa. apa artinya hebat jika memerangi bangsa sendiri seperti di Sumatra, jawa, ga usahlah di Gowa karena spesifik masalahnya.

    Apa artinya kehebatan fioraun jika untuk melawan Tuhan

    Apa artinya kehebatan daeng serang jika bekerja sama dengan Kaum kafir untuk menumpas sesama muslim di sumatra dan jawa

    • ieee tabee
      sayang sekali jg pahlawan nasional terxta
      dulux menindas saudara sendiri bangsa bugis
      dasar rakus
      bacako baik2 sejarah nassundala

    • sultan hasanuddin penjajah bangsa bugis
      bg kami dialah penghianat
      dengan tega menjadikan budak bangsa bugis
      dan,, yg tak bs dilupa a/ dia jg memenggal kepala orang tua
      arung palakka??
      jd skarang kalia terima karmax
      dimana orang bugis slalu berjaya di pemerintahan
      sedangkan kalian, maaf… kebaxkan jd babu, tukang becak dll

      • sejarahlah yang ,membuktikan bahwa gowalah yang hebat..bukan bone..bone hanyalah sebuah katak yang melompot pada ada waktu yang cocok yang kemudian menjadikan dirinya hebat sendiri.
        terlalu naif ketika mengatakan anda sekalian hebat…hebat dalam segala hal yang nota bene tidak ada apa2nya
        kami bisa membuktikan itu…
        Maaf…

      • sundala..
        jangan ko calla2 onrg makassar..!

        arung palakka bkan orng bone tapi bone taii yg klaim sndri..
        mka.y kalian di tertawakan sama orang palopo karena kalian omong kosong..
        banyak bhong,membanggakan hal yg bukan miliknya..
        hahahah.
        salam fuck..

  3. setuju pak Aco

    Apalah artinya kehebatan dan keberanian jika hanya untuk “memangsa dan menjajah bangsa sendiri.

    Apakah layak dijadikan pahlawan…

    Kakekku adalah salah seorang korban pembantaian Westerling.
    Westerling dengan mudahnya menjajah bangsaku karena dibantu oleh si Latenri tatta ini.

    • sy mau tanya ma saudara>>>>apa dijaman beliau arung palakka indonesia dah ada?? krn saudara sekalian mengatakan menjajah bangsa sendiri..yg menurut pengetahuan jaman arung palakka..indonesia belum terbentuk.

    • tdk se7 pak aco
      nenek moyangku jg korban penindasan oleh
      tentara gowa waktu bone ditindas dulu
      oleh si rakus
      MASIH INGINKOOOO???

    • Coba kita berpikir secara sehatt knp?. sultan hasanuddin semua MAU menguasai ke raja’an yg ad di sulawesi & sekitarx
      bukan kh goa jga menpunyai wilayah sendiri
      ber’arti itu artix sultan hasanuddin RAJA yg RAKUSS
      pantas lh k raja’an bugis, bima, buton & ambon serta VOC bersatu
      untuk melawan pasukan keraja’an goa
      sya yakin seandaix k’raja’an goa tdk di bantu senjata perang oleh org portugiss, sebelum arung palakka lahir pasti ke raja’an goa sda lama TAKLUKK

      PERTANYAAN
      1. apa kah ARUNG PALAKKA bersalah klo meminta bantuan oleh VOC
      untuk membebaskan rakyatx dri penindasan oleh keraja’an GOA
      2. apa kah SULTAN HASUNUDDIN bersalah klo org portugiss menbatux
      dalam hal ini (senjata perang) untuk melawan ke’raja’an yg tidak tunduk
      dng k’raja’an GOA

      HANYA ALLAH SWT. YANG TAUH………

    • coba kita berikir secara sehatt knp?.. sultan hasanuddin semua MAU menguasai ke raja’an yg ad di sulawesi & sekitarx bukan kh ke raja’an gowa juga mempunyai wilyah sendiri
      ber’atri itu artix sultan hasanuddin raja yg RAKUSS
      pantas saja ke raja’an bugis, bima, buton & ambon serta VOC bersatu untuk melewan ke raja’an GOWA yg sngtt RAKUSS
      saya yakin seandaix ke raja’an gowa tidak di bantu senjata perang oleh orang portugiss,, sebelum arung palakka lahir pasti ke raja’an gowa suda lama TAKLUKK

      PERTANYAAN
      1. apa kah ARUNG PALLAKKA bersalah klo meminta bantuan oleh VOC
      untuk membebaskan rakyatnya dari penindasan & ke kejaman oleh
      keraja’an GOWA
      2. apa kah SULTAN HASANUDDIN bersalah klo orang portugiss
      menbatux dalam hal ini (senjata perang) untuk melawan
      ke raja’an BUGIS yg tidak mau tunduk dng k’raja’an GOWA

      HANYA ALLAH SWT. YG TAHU…………

  4. Sultan Ma Westerling sih bagi saya sama aja !!!
    Sama-sama Pernah menjajah tanah leluhurku….

    Okelah Arung Palakka Dicap Penghianat Bagi Bangsa ini. Tapi bagi Kami Ia adalah pahlawan yang membebaskan Tanah Kami dari Penjajahan Sultan….
    Apakah iya, Sultan menganggap Kami sebangsa ketika ia menjajah negeri kami ???

  5. okemi cappo

  6. ya…ya… sejarah selalu ditulis oleh pihak pemenang….. kasusnya Aru Palakka adalah karena dulu belum ada indonesia yg ada kerajaan gowa, bone , mataram dll semuanya masih berdiri sendiri sehingga tidak bisa dianggap pengkhianat karena tidak ada yang dikhiananti…
    kejadian sultan dan aru palakka tahun berapa sih…..???
    Negara indonesia berdiri tahun berapa ……????

    apakah seseorang bisa disebut penghianat bagi bangsa yg belum ada….???

    yg jelas pahlawan bagi indonesia adalah Soedirman, Soekarno, Soetomo dan soe…soe yg lain….

    Sultan hasanuddin adalah pahlawan bagi Kerajaan Gowa.
    Aru Palakka adalah pahlawan bagi Kerajaan Bone
    Imam Bonjol adalah pahlawan daerah bonjol
    Diponegoro adalah pahlawan bagi pengikutnya di jawa sana.. karena dia berjuang untuk kepentingan dia dan pengikutnya.
    Gajahmada adalah pahlawan bagi Majapahit…

    Westerling adalah pahlawan bagi belanda

  7. Siapapun apakah sultan Hasanuddin, Arung Palakka,, namun yang penting bahwa diantara mereka itu ada keinginan untuk tidak ditindas oleh siapapun. Dan mereka mewujudkan dalam bentuk perang dalam menegaakan kemerdekaan, yang dalam bahasa bugis dikenal “lebih baik mati disiri’na dari pada hidup tapi mate siri’. dan falsafah bugis makassar ini seharusnya harus dipatrikan di dalam hati seluruh anak bangsa Indonesia dari seluruh sisi kehidupannya, baik itu sisi ekonomi, sosial, budaya ilmu pengetahuan dan teknologi. yang artinya, anak-anak bangsa harus berjuang sampai mati untuk menegakkan cita-cita bangsa apapun resikonya.

    Bustang

  8. arung palakka adalah pahlawan orang bugis, maka harus menjaga siri’ karena dalam sejarah dianggap penghianat. perlawanan terhadap kerajaan gowa adalah bukti bahwa arung palakka memegang prinsip bugis. beliau adalah pejuang bugis, terhebat sepanjang masa, berhasil menaklukkan kerajaan penjajah di tanah sulawesi.

  9. arung palakkaam koe magai deaga jago

  10. kita liat keadaan skr darah darah bone saja yang selalu memerintah baik kabupaten provinsi bahkan negara darah sultan hasnuddin mana? realistis dong ini artinya buktinya aru palakka pemimpin pembebas sejati sampai keturunan2nya.okeh buka mata boss

  11. liat maki keturunan gowa sekarang maaf nah waktu kos dulu banyak celana bajuku hilang nalukkaki bro astagfirullah….keturunan penjajah.padahal katanya satu bangsa ya nda boleh dong ambil punya orang.buka mata robert andi kulle

  12. KALIAN SEMUA NDA NGERTI APA APA KULIT KULITNYA DOANG MAU PENGHIANAT MAU APA YANG PENTING DIA BEBASKAN KAMI DARI KAUM PALUKKA SAMPAI SEKARANG MASIH LUKKA WASPADALAH KEJAHATAN TERJADI KARENA NIAT DAN KESEMPATAN

  13. Assalamu Alaikum, saya mohon maaf kerena ikut juga menyumbang masukan. Saudaraku sesama darah bacaki sejarah asal mulanya makassar serta bugis dan jangan kita mengulang sejarah yang lalu yang mengakibatkan kita terpecah dan akhirnya dijajah oleh belanda, bukankah yang menghembuskan perbedaan itu adalah kaum penjajah yakni belanda karena dia yakin tanpa taktik adu domba ini sulawesi selatan yang waktu itu di motori oleh Makassar dan Bugis tidak akan dapat mereka kuasai. cukuplah yang menjadi korban adalah Arung Palakka.

    • setuju bro cukuplah Arung palakka jadi korban,yg terpenting sekarang marilah untuk menjaga kerukunan,damailah negriku bugis makassar.

  14. saya orang bugis cess,asli dari soppeng tp tetap bangga sama latenri tatta’!!,walaupun disebut penghianat..?,terserah merekalah,yg jelas dia bukan pengkhianat bangsa!!,krn dulu memang belum ada yg namanya indonesia,jd nggak usah sok²deh bilang pengkhianat!! klo blum ngrti sejarah,klo ada yg ngga setuju ngga disini t4nya,mnding ketemu lngsng aja skalian tau jg gmn rasanya di tonjok ama orng bugis?!!.saya darah bugis,bukan jawa,bukan jg makassar!!,jd masing²lah bangga ama pahlawan kalian,ngga usah bilang pengkhianat bgt!!.

    adee’boegiezt

  15. Arung Palakka Pahlawan Kemanuasiaan!!!
    Membebaskan Tanah Bugis Dari Penjajahan Sultan Hasanuddin.

  16. Bagi Saya, Pahlawan Sejati adalah Ksatria yang yang tidak pernah mengingkari Janjinya, Berjuang dengan hati untuk Rakyatnya…. Aru Palakka Adalah adalah pejuang Bagi rakyatnya… Sultan Hasanuddin, Imam Bonjol, Diponegoro Juga adalah pahlawan bagi Rakyatnya… Arung Palakka hanya kurang beruntung karena “diadili” di Jaman Indonesia Merdeka yang tidak pernah di kenalnya… Juga dianggap penghianat oleh Bangsa Indonesia … yang olehnya Kata “Indonesia” belum terdaftar di PBB… Yang dia perjuangkan hanyalah Pembebasan Rakyatnya dari Penjajahan… dari penindasan oleh penjajah yang pada zamannya tidak pernah di tolong oleh Negara yang namanya “Indonesia”. Pernah Aru Palakka berkata walaupun bekerja sama dengan Setan asalkan dapat membebaskan rakyatnya dari penjajahan. Dan ternyata “setan” itu adalah Compani VOC

  17. aru palakka men!!!!
    aru palakka gitu loch…
    ngapamo mauna dibilang,ka bukanji kau jd pahlawanna
    (SANTEMI TAHUN 2009 mi,MODEREN mi bozz)
    jgn mi tlalu dsembah2 pahlawannya,
    gappaka jd penyemba berhala ngasengi tu bone a

    “anak bone terlalu primitif deh”
    modern dikit dunk!!!

    • BOzz…hati2 klo ngeluarin statement…jangan sampai itu bisa memicu “RUMPA’NA BONE”…Dari dulu sampai sekarang masyarakat BONE masih selalu siaga akan datangnya perisriwa itu…

      Bone, soppeng, Sidrap KOE….

    • BETUL SKALI ITU CIKA . . . . .DEGA’GA JAGO UGI BAWANG . . .HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA……………..

      bONe dI sINI………….

      CucUx arpAL………………

  18. TABE BOS’Kami atas nama keluarga besar kerajaan BONE,bagi kami ARUNG PALAKKA LATENRI TATTA PETTA MALAMPE GEMME’E seorang pembebas orang BUGIS,jd kenapami Maraaaaq?Tabe’tho Bone KOE.

  19. TABE BOS’BONE MAU LEWAT,pasti emosiKO,by:Andi Hendra Petta LoLo Sompu LoLona Petta Malampe Gemme’e ri tanah BONE.

  20. Tabe maloppo, Pada dasarnya kita sebagai anak bangsa akan merasa siapapun yang telah mencoba merusak atau melakukan kecurangan pada bangsa kita akan marah bahkan benci pada orang tersebut.

    Kalo akibat Pt. Malampee Gemmena pernah membumihanguskan Kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa, Sumatera dan Gowa lalu ia dibenci oleh mereka yang berada di daerah itu, adalah sangat wajar, namun jangan karena itu lalu Pt. Malampee Gemmena dicap sebagai penghianat. Seorang dikatakan Penghianat bila orang tersebut adalah bagian dari kerajaan itu. Tetapi disini Pt. Malampee Gemmena bukan orang atau bagian dari kerajaan manapun, ia hanya seorang bugis yang berasal dari kerajaan Bone yang saat itu sedang dijajah oleh kerajaan Gowa.
    Bila karena alasan Pt. Malampee Gemmena melakukan kerjasama dg VOC dalam menaklukkan beberapa kerajaan di nusantara sehingga beliau dikatakan penghianat maka Sultan Hasanuddin pun juga perlu dicap penghianat karena telah menjajah dan bahkan menyiksa masyarakat Kerajaan Bone.

    Tapi Sudahlah, jadikan itu sebagai bagian dari sejarah kita untuk menjadi lebih baik ke depan.

    Sy senang dpat informasi dari tulisan ini karena menjadi jelas apa yang dikerjakan oleh Pt. Malampee Gemmena ketika pemberontakannya kepada Gowa karena merasa sakit melihat 10.000 orang bugis disiksa dan dipekerjapaksakan membangun benteng di gowa mulai dari bangsawan sampai rakyat jelata, tetapi kalah dan melarikan diri ke kerajaan buton dan atas saran raja buton untuk meminta bantuan kepada VOC. Oleh VOC akhirnya diajak ke Batavia bersama pasukannya. Disana disebutkan diberikan suatu tempat oleh VOC untuk ditinggali.Inilah mungkin yg dimaksud dalam tulisan ini daerah sekitar Kali Angke.

    Dari sini pula ketahuan bahwa sebelum pulang ke sulawesi, Pt. Malampee Gemmena juga sempat membantu VOC melakukan penyerangan ke beberapa kerajaan. di Jawa dan Sumatera dan memenangkannya.

    Dari tulisan ini pula ketahuan bahwa beliau ternyata tidak melupakan janjinya untuk tidak memotong rambutnya sebelum kembali membebaskan Bone.

    Beliau pulang ke Sulawesi memang untuk membebaskan bangsanya dari penjajahan kerajaan gowa dan memenangkan pertempuran itu serta menjadikan Kerajaan Bone sebagai penguasa bagi kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi dan sekitarnya.

    Hanya satu klebihannya bahwa pada saat ia menguasai seluruh kerajaan di Sulawesi beliau tidak membuat kerajaan2 yang dikuasainya merasa tersiksa, bahkan beliau melakukan perkawinan antar bangsawan kerajaan sehingga menjadikan seluruh kerajaan menjadi satu keluarga besar.

    Inilah yang menjadikan kita saat ini saling punya hubungan dan menjadikan kita tidak lagi punya dendam antara satu dengan yang lainnya. Kita adalah satu untuk mencapai hari yang lebih baik ke depan, aamiin.

    A. Hasbi Nur

    • Maaf saya ikut terharu dgn perjuangan Arumg Palakka Raja Bone yg perkasa yg membebaskan bangsanya dari tekanan ( ditindas & dijajah oleh Sultan Hasanuddin). perkenalkan nama saya Hamidin. saya asli Makassar tapi besar di Bone. Kalo kita menengok Kebelakang sejarah Kerajaan2 di Nusantara. Tidak Perlu Lagi kita ungkit2 lagi sejarah perjuangan Raja2 kita dlm menumpas penindasan, yang akhirx dicap Pejuanglah, Penghianatlah. Kalo kita mau jujur pasti tdk ada yg mau disalahkan. Sultan Hasanuddin juga benar tapi salah juga, begitupun Arung Palakka benar tapi salah juga jadi semuanya pengen benar itu lumrah. Sudahlah perjuangan Raja kita yg dulu kita jadikan semangat untuk melawan pengaruh Asing yg sudah nampak di depan kita yaitu : 1.Koruptor 2.Kristenisasi 3.Penjajahan ekonomi oleh Imvestor2 dgn meraut kekayaan alam kita 4.Belum lagi sesama bangsa kita kerja saling carmuk didepan Atasan Asing menjelekkan temen sendiri supaya dupuji dan naik jabatan…….
      Jadi apalagi yg perlu kt perselisihkan dan ributkan yang akhirnya nanti timbul Pertikaian, yang rugi siapa yg pasti keluarga kita. disaman sekarang ini kita perlu kerja u/makan. jadi marilah kita bersatupadu dlm persaudaraan melawan kezaliman tersebut diatas supaya anak cucu kita nanti kelak hidupnya senang dan bahagia sambil membaca sejarah Raja2 kita dulu dgn santai tanpa emosi karena kehidupanx sudah makmur dibawah naungan Islam. sekali lagi saudaraku yang orang Bugis Maupun Makassar marilah kita bersatu membangun sulawesi selatan supaya dipandang di dunia Internasional sebagai bangsa yang beradab, agamis, santun, ramah tamah, kesetiakawanan yang tinggi tidak lagi tawuran melulu di TV.Malu saya dinegeri seberang Kota Makassar sebagai kota Tawuran dan Demo. Tapi saya masih punya rasa bangga karna Makassar termasuk 10 kota teraman di Indonesia. Apalah jadix kalo Makassar tidak aman…..tidak dpt dibayangkan.Satu lagi Bugis tidak berdiri sendiri lagi karna pasti ada Makassarx ( Bugis-Makassar dan MAkassar-Bugis red). Makasih Saudaraku, maaf kalo ada yg salah digoresan saya ini. Wassalam !!!

  21. [...] (Sumber: http://tanahbone.wordpress.com/2008/04/05/arung-palakka-sang-jagoan-batavia/) [...]

  22. yang bilang arung palakka penghianat itu adalah orang2 yang yang tidak suka akan kejayaan/kehebatan arung palakka,kalau mengatakan arung palakka penghianat berarti orang bone juga penghianat.kalau berani jangan ngomong di interner ngomong langsung di hadapan orang bone,EWAKO TO BONE, AJA MUELO RI PAKASIRISI.SIRI NA ARUNG PALAKKA SIRI NA TO BONE…..

    ARDHY BHONE….

  23. KATANYA MODERN, TAPI KOK MASIH PAKE’ BAHASA MAKASSAR SIH,SEKARANG YANG PRIMITIF SIAPA?,BONE ATAU MAKASSAR,MAKANYA KALAU MAU BILANGIN ORANG NGACA DULU DONK,JANGAN ASAL NYELONONG AJA,GA’ PUNYA MALU LHO….

    • ‘HIDUP’ di MAKASSAR bnyak PALUKKA’NA…..mau tau aj PALUKKA it keturunan spa…?,,,,,trus palukka it pnjajah ato bkan,,,,MAAF orang KAMPUNG ,prtanyaanx sngat KAMPUNGAN,,,,,

  24. Nilai dan semangat Arung Palakka tetap hidup sepanjang masa. Sebagai Suku Bugis harus kita renungkan, seandainya bukan beliau, harkat dan martabat Suku Bugis akan pupus dan mendapat gelar penghinaan sebagai BUDAK.
    Suku Bugis bisa exis dan disegani karena termotivasi oleh keberanian dan keteguhan serta strategi yang telah ditanamkan dan diwariskan oleh sang figur Arung Palakka.
    Bersyukurlah kita sebagai Suku Bugis.

    • saya Bugis Sidrap, dalam sejarah kerajaan sidenreng itu pernah terjalin hubungan yang baik dengan kerajaan bone, ada seorang raja sidenreng yang bernama La So’ni karaeng massepe, beliaulah yg menemani arung palakka sampai ke jawa dan kemudian karaeng massepe dan petta malampee gemmena bersama orang belanda berperang di pariaman (sumatera) dan di allakan. setelah itu pulanglah ke negeri bugis dan di kumpulkannya semua orang bugis yang tercerai berai dan dikumpulkan di jumpandang. setelah itu berperanglah orang bugis dengan makassar di bantu oleh orang belanda. dalam peperangan yg begitu dahsyat menewaskan panglima perang bone yakni Bettae. Bettae meninggal setelah menewaskan 107 orang musuh. arung palakka tidak mau menguburkan bettae klw tidak ada penggantinya maka di panggillah semua sanak famili bettae. sda 15 hari lamanya bettae dalam duni (peti mati) namun tidak ada yang menyamai keberanian dan kegagahan bettae. pada saat itu muncullah La So’ni untuk meminta di kuburkannya bettae ats dasar dia mampu melebihi keberanian bettae. maka petta malampee gemme’na pun menyuruh orang untuk menguburkan bettae.
      setelah itu perngpun berkecamuk pada hari itu karaeng massepe sudah ada 274 orang makassar dan wajo dibunuhnya. keesokan harinya, smpai tengah hari karaeng massepe sudah membunuh 79 orang barulah bertemu dengan karaeng gojang yang bernama karaeng mammu.seharian bertikam antara keduanya tidak ada yg kena senjata. maka berkatalah karaeng mammu: baiklah dahulu berhentilah kita berdua ini dan karaeng massepe pun mengiyakan hal tsb. karaeng mammu pun melapor kepada raja gowa : ampun tuanku, sungguh2 rebahlah bendera kerajaan gowa karena ada orang sy lawan bertikam tombak dari pagi smpai terbenam matahari sekian lamanya itu tidak ada kami kena padanya. maka raja gowa berkata : kalau begitu hampirlah ajalnya gowa. kemudian peperangan kembali berkecamuk dan akhirnya karaeng mammu berhasil ditangkap dan gowa pun dapat dikalahkan.rusaklah somba opu pada tahun 1060 H atau 1662 M. singkat cerita karaeng massepe meninggal dunia karena di fitnah telah berselingkuh dengan permaisuri raja bone yang bernama I SARAMPA. sehingga atas perintah raja bone janggo pance memenggal kepala La So’ni. padahal itu hanya isu negatif yang dilemparkan oleh pemangku adat bone yang sangat cemburu atas keberhasilan La So’ni memenangkan peperangan melawan kerajaan Gowa dan memperoleh hadiah dari raja bone sebilah keris pusaka yang bernama Lamba Sidenreng serta mendapat gelar Manu kate’na Sidenreng (ayam jantannya sidenreng). namun ada yang aneh pada saat kepala La So’ni berada di atas kappara gellang (baki/talang tembaga), kepala tersebut selalu memutar membelakangi raja bone, itu terjadi berulangkali setiap kepala itu di perhadapkan kepada raja bone. raja bone pun takjub bercampur heran dan bertanya kepada janggo pance ada apa gerangan? apakah ada pesan dari pamanku La So’ni? janggo pance pun mengaku bahwa tatkala hamba mengayunkan golok hendak menebas lehernya, karaeng massepe berpesan :
      palettukengngi jolok arungnge ri bone makkedae La So’ni aling-alingna sidenreng, tessoro-e lao ri limpo ri tengnga padang. engkanaga to lebba pauwi makkedae cappuni saung kanna-e, ribattajengngi ewangeng-nge, ri roppo toni wala-wala’e, lebbo toni manu kate’e. nae tenna engngerrangniga arung pone monrona caribo-ibo ri padang rukka turungeng masamo-e, salo-salo tenna jongkari, lappa-lappa tenna liweng. La So’ni mi karaeng massepe betta massolla-solai resoi alena mangaru ritengngana padang cukkae ? ( artinya : sampaikan dulu kepada raja bone baru kau ambil kepalaku bahwa La So’ni adalah laki-laki garangnya sidenreng, yang berpantang mundur di medan perang. sudah datangkah seseorang membawa berita bahwa pertempuran sudah berakhir, alat perangpun sudah digudangkan, pos pangkalan sudah tdak perlu dijaga, para pejuangpun sudah berguguran. tapi apakah raja bone sama sekali tidak mengingat tatkala dia sudah megap-megap tak berdaya ditengah-tengah kepungan marabahaya peperangan dahsyat, parit-parit tidak mampu diseberanginya, tanah datar pun tidak mampu dilampaui.La So’ni-mi karaeng massepe sang pemberani tampil dalam peperangan mengamuk di tengah medan laga yang berkecamuk.

  25. Semangat perlawanan La Tatta disebabkan oleh:
    ketika ia tahu bahwa ayahnya (LaPottobunne / Petta matinroe ri alluddangnge) mati di tumbuk di pannampu Makassar tanpa pengadilan.
    Beliau pernah menyaksikan bahkan mengalami perlakuan intimidasi dan diskriminasi punggawa-punggawa Kerajaan Gowa terhadap orang bugis bone (palakka).
    dua mas’alah inilah yang menyebabkan beliau ‘masiri’ terhadap diri dan keluarganya. kemudian ‘messenyawa’ melihat saudara sesamanya orang bugis.sehingga lahir dendam untuk melawan walaupun sesungguhnya bathin baliau berada pada dilema yang berat karena beliau sendiri berhutang jasa pada Karaeng Pattingaloang,kemudian beliau menikahi istri tercintanya Imangkawani dg Talele adik sepupu Sultan Hasanuddin atas restu Sultan Hasanuddin sendiri(silariang).Perlawanan tersebut di dukung oleh orang Bone tetapi,pada awalnya tidak di dukung oleh Raja Bone La Maddaremmeng karena LaTatta sendiri memang bukan Pangeran Bone.dukungan terbesar berasal dari Raja Soppeng Riaja dan Raja Soppeng Rilau.
    Setelah Beliau sukses,barulah di daulat atas kesepakatan adat (tau ega) sebagai Mangkau ri Bone dengan gelar Latenri Tatta dg serang Andi Patunru petta malampe’e gemme’na Sultan Saadduddin.
    anda boleh membaca tulisan Pelras tapi jangan mau di propokasi oleh tulisan tersebut karena tulisan tersebut tidak semuanya benar.Silahkan baca Tulisan yang berjudul “La Tatta Dg Serang diantara gegap gempitanya perang,darah dan cinta”.dulu pernah di muat harian fajar th 1990 an.

    • iya koe mpo na arung salomekko lolona petta lampe gemme.siapun yg menjelekkan arung palakka berhadapan dengan saya karna sy orang bugis klw orang2 sultan hasunddin mrah knp mau melawan..tabe di bone koe degaga jago..iya koe loko urampengeng bankun tau’asi bangun na bone….oang yg menbantah bahwa arung palakka sang pembebas dia cemburu karna hasanuddin di kalahkan oleh arun palakka…loko mewa ogi’e loko mate’eee..iya koe.

    • iya koe mpo na arung salomekko lolona petta lampe gemme.siapun yg menjelekkan arung palakka berhadapan dengan saya karna sy orang bugis klw orang2 sultan hasunddin mrah knp mau melawan..tabe di bone koe degaga jago..iya koe loko urampengeng bankun tau’asi bankun na bone….oang yg menbantah bahwa arung palakka sang pembebas dia cemburu karna hasanuddin di kalahkan oleh arun palakka…loko mewa ogi’e loko mate’eee..iya koe.

  26. bonar nama saya dan saya orang bugis asli yg bertempat tingal di kabupaten soppeng dan bercita-cita ingin menjadi pahlawan seperti arung palakka..seorang arung palakka adalah seorang pahlawan pembebas tdk ada yg membuatya takut maka jadi itu saya menyukai arung palakka sejarah kabupaten bone sampai sekaran akan slalu di kenang untuk semalaya…iya koe.degaga jago…kuoddin’i bone koe ogi lo;ko mewa….????????

  27. getteng lempu ada’tongeng. semoga selogan ini masi tertanam di wijanna arung pallaka.

  28. Mateni bone makkukuwa’e, dena gaga nulle mewa ri juppandang, tuli ipakasirimi…….tuli bonewi bawang mate……aja mubawa2wai asenna ogi’e iayoko sifa’mu de namassifa ogi.

  29. Saya adalah keturunan ke 13, dari Arungpone La Maddaremmeng (paman arung palakka) melalui jalur Toancalo>Toagemetto>Toappo>La Wawo>Muh. Arsyad Pt Cambang’E>Iskandar Manujengi>Cabamba>Makkulau>Pajujungi>Iskandar>Alwi>Syaifullah. Sekarang Wija To Bone’E ini telah lama bermukim di Sidenreng semenjak ratusan tahun lalu. Dan sampai detik ini tidak pernah berubah pikiran dan pendapatnya tentang status kepahlawanan Arung Palakka sebagai “Sang Pembebas Tana Sempugi”. Kalau ada yang menggugat! Datang saja ke “Saoraja Amparita” di Sidenreng! Siapa menang, siapa kalah…,
    “KAMI TUNGGU”

  30. Saya adalah keturunan ke 13, dari Arungpone La Maddaremmeng (paman arung palakka) melalui jalur Toancalo>Toagemetto>Toappo>La Wawo>Muh. Arsyad Pt Cambang’E>Iskandar Manujengi>Cabamba>Makkulau>Pajujungi>Iskandar>Alwi>Syaifullah. Sekarang Wija To Bone’E ini telah lama bermukim di Sidenreng semenjak ratusan tahun lalu. Dan sampai detik ini tidak pernah berubah pikiran dan pendapatnya tentang status kepahlawanan Arung Palakka sebagai “Sang Pembebas Tana Sempugi”. Kalau ada yang menggugat! Datang saja ke “Saoraja Amparita” di Sidenreng! Siapa menang, siapa kalah…,
    “KAMI TUNGGU!”

    • heran…adami kah orang bone sudah jadi presiden…?
      kalo ada tanya ka..dan saya akan ikut orang bone…

      • adami jadi wakil presiden sodara!!!! kalo ada to gowa jadi wakil presiden, saya tetap wija to bone sidenreng. tidak akan kukhianati suku bangsaku.

      • ada yg jadi wakil presiden talaco,,, ada kh oragng gowa sukses di pemerintahan,??? klo da taxka, klo orang gowa itu pencuri, pencuri-pencuri di bone dari gowa semua,,,…

  31. aduh maaf jangan sebut org bugis secara keseluruhan krna artinx luas..arung palakka alias latenri tatta alias petta lampe gemme,mungkin lebih tepat disebut pahlawan org BONE krna bagi kami org WAJO dia adalah musuh dulu menurut sejarah dari nenek saya dialah yg membumi hanguskan wajo..dia di cap pengecut karna dia membumi hanguskan wajo disaat raja dan pembesar wajo tidak ada di tanah wajo, mereka sedang berjuang membantu kerajaan Gowa Tallo melawan Belanda, jadi maaf kami mungkin tdk sependapat kalo mengatakan latenri tatta pahlawan bugis..krna Wajo juga Bugis terima kasih dan mohon maaf jika ada ketersinggungan bukan maksud SARA wassalam

    • andi sengkang nassundalaaaa,, anjing kauuuu
      memang pantasko wajo dibumi hanguskan,,, krn kau yg duluan
      menyiksa orang bone soppeng dngn sidrap sbg budak..
      padahal kau terikat perjanjian tellum poncoe bhw qt dngn soppeng adalah saudara…jd kau penghianat bugis..camkan itu.
      tp knp ko jajah orang bugis lainnx yg nyata2 saudaramu
      TP MEMENG KAU ORANG WAJO TDK COCOK DISEBUT ORANG BUGIS
      “makellaing laingngi” UGIMU NDA SM ORANG BONE SOPPENG DNGN ORANG BUGIS LAIINNX.. kau sm jie orang mangkasara yg kasar dan kampungan…wajo asuuuu nassundallaaaa terkenal sbg orang bugis paling perhitungan..Makeddiii…..

    • andi sengkang bacako baeg baeg sejarah
      dlu keraja’an wajo terikat perjanjian tellum poncoe & knp?. keraja’an wajo menghianati org BUGIS, ap kah itu pantas wajo d bilang pahlawan bugiss
      TIDAK………
      mau tdk mau kita org bugis harus menerima bahwa arung palakka adalah sang pembebas bugis
      okeee sapppo……………

    • katax berperang melawan belanda
      apa kah sultan hasanuddin & ke raja’an wajo pernah mengalah kan belanda pda zaman itu……..
      saudara ku andi sengkang yg baeg hati pernakah saudara membaca sejarah ttg RUMPANA BONE
      saat itu ke raja’an bone – soppeng & sidenreng ber satu melewan belanda
      sampai tiitik darah penghabisan
      tapi kenapa?. raja raja wajo tidak ikut menbantu saudarax yg masih 1 darah dng bugiss & malah banyak yg lari sampe ke ke raja’an kutai
      untuk mencari amannn…….
      ingatt kita disini ber bicara ttg sang pembebas bugiss
      & ke betulan itu sang pembebas adalah arung palakka
      klo memang saudara tdk suka dng arung palakka mohon jng menhujat disini,,,
      sekali lagi klo comenttt di sini jng menhujattt
      krn bagi bugis bone, menjelekkan arung palakka sama juga menjelekkan org BONE

  32. Pusing. Urusan sejarah dahulu harusnya menjadi cermin bagi kita untuk memperbaiki diri, suku dan masyarakat kita secara keseluruhan. Tak perlu mengulang-ulang sejarah kelam dulu. Kebanggaan( siri’) penting. Namun jika berlebihan akan menjadi ashabiyyah. Dari satu sudut makassar adalah penjajah. Namun dari sudut lain pelindung. Arung Palakka dari satu sisi aalah pejuang. Dari sisi lain adalah pemberontak (bukan pengkhianat). Satu yang perlu diingat, bahwa manusia normal tidak ingin dijajah dan akan selalu memberikan perlawanan terhadap ketidakadilan. Makanya sekarang jangan lagi ada yang menjajah orang lain. Bukankah kita diajarkan oleh agama dan adat untuk selalu memanusiakan manusia. Tabe’ ki, sebelum lanjut aku tinggal di palu, to kaili yang memilki sejarah nenek moyang dari makassar dan bone sekaligus. Lembah palu merupakan daerah rebutan pengaruh (bukan jajahan)dari dua kerajaan tersebut

  33. magai tilaco????????????????
    bone koe!!!!!!!!!
    siapa yg bilang arung palakka penghianat
    koe maju lanceng…………..
    soulapa koe

  34. tailacona to wajoe..
    soppeng koe..
    bukan arung pelakka yg penhianat tapi wajo tailaco…

    dua lima..pallappao’e

  35. lasomu bellang to wajoe..
    soppeng koe..
    bukan arung pelakka yg penhianat tapi wajo tailaco…

    dua lima..pallappao’e

  36. Hei telaco. Baca ko baik-baik kalimat saya. Arung palaka adalah pemberontak (bukan pengkhianat). Beliau memberontak karena kerajaan gowa melakukan penaklukan dengan mengatasnamakan agama ( pengislaman). Salah satu korbannya adalah ibu dari raja bugis yang dibunuh karena masih mempunyai budak yang menurut gowa dilarang iSLAM, padahal alasan mereka sesungguhnya adalah untuk meluaskan kerajaannya

  37. Saya Orang bone,,… Apa kau Wajo, mengaku ko orng bugis toh… tp knp ko bantu Gowa? bugis apako!!! km yg pengecut… berperng mlwan orng bugis… kau tau kah orng wajo itu waktu pertempuran di lamuru, bone sama soppeng berperang lawan gowa. tp orng wajo pergi naserang kampung2 di soppeng smentara rajax pergi semua berperang di lamuru sam orng bone… bacako sejarah!!!

    kau Gowa… jgn mko byak biacara, kuburanya saja Arung Palakka ada di Gowa.. itu tandax perlawanan terhadap gowa yg menjajah bone … nda ad kalai.. degaga jago… bone bwng… Arung Palakka koe…

    • artinya arupalakka itu…
      di kasihani ma gowa karena di kubur di gowa…
      artinya maluki bone karena rajata di kubur di gowa..kalo tidak mauko bawa mi pulang ke bone…ikhlas ji gowa

  38. Alasan pokok Arung Palakka bukanlah ekonomis-politis, tetapi pangadereng yang meliputi siri’’ (harga diri atau kehormatan dan rasa malu), pacce (perasaan sakit dan pedih atas penderitaan saudara sebangsa), dan sare (kepercayaan bahwa seseorang dapat memperbaiki atau memperjelek peruntungannya dalam hidup ini melalui tindakan orang itu sendiri).

    Tanpa memahami ketiga ciri kultural yang memegang peranan sangat penting dalam sejarah Sulawesi Selatan saat itu, akan keruh selamanya menilai Arung Palakka. Lagi pula saya percaya diktum sejarawan JC van Leur bahwa masa lalu tidak ditulis untuk dinilai dengan nilai masa kini, dan oleh karena itu siri’, pacce, dan sare adalah bahan yang lebih baik dan adil dipakai untuk menilai dan mengevaluasi kejadian penting di abad itu, ketimbang standar masa kini. Demikianlah sehingga dalam polemik yang sampai kini masih berkembang di antara masyarakat Sulawesi Selatan tentang Arung Palakka yang tokoh sejati, pahlawan tulen bukan pengkhianat dan penindas.

  39. janganmi cari2 siapa yg jago tidak adaji manusia yang betul2 jago,saya ada darah gowaku,wajo,bone, luwu,barru,arab.darah raja2nya lagi sa aja tidak pusing itu sejarah untuk di kenang dan jadikan aja sebagai sarana nostalgia,janagnmi si tilaco-tilacoi nanti masuki lagi belanda nakuasaimiki lagi bodomiki kita.

  40. peta politik antar kerajaan di sulsel berubah-ubah dan banyak variabel yang mempengaruhi.baik kekerabatan,kekuatan ekonomi politik kerajaan,atau arah kebijakan militer pada zamannya

    pada setting 1590,Bone Wajo dan Soppeng bersekutu dalam Tellumpoccoe untuk melawan invasi gowa
    … Lihat Selengkapnya
    pada setting 1620-40an, Gowa Luwu dan Wajo bersekutu untuk melawan Bone

    pada setting 1660,Bone bersekutu dengan Belanda agar Bone dapat merebut kemerdekaannya dari Gowa,dan Gowa pada saat itu bersekutu dengan Luwu dan Wajo

    adapun pada setting 1905,Bone bersekutu dengan Wajo untuk melawan Belanda.dan untuk itu Wajo mengirim pasukan untuk membantu Bone dalam Rumpa’na Bone.atas “partisipasi” wajo tersebut,Wajo dikenai denda perang oleh Belanda

    namun terlepas dari itu semua,sesungguh semuanya masih satu darah,yaitu darah bugis….karena leluhur bugis dari berbagai kerajaan telah melakukan kawin silang…sehingga tanggung jawab generasi kita adalah bagaimana memuliakan semua leluhur kita dari semua daerah.dengan demikian,sejarah dan budaya bugis telah menemukan salah satu fungsi sosialnya yaitu kohesi sosial rumpun bugis

  41. penjelasan di atas adalah salah satu kutipan dari saudara saya Andi Rahmat Munawar.

  42. Di masa pertikaian gowa – bone NKRI belum ada, jadi arung palakka raja bone bukanlah penghianat bangsa indonesia tapi pahlawan sejati bangsa bugis khususnya bugis bone.
    Bone, soppeng, Sidrap Adalah cermin bugis sejati, berjuang melawan penindasan dieranya. selalu bersatu demi 1 nama BUGIS.
    Semoga dari sejarah Arung Palakka kita bisa ambil hikmahnya.
    Sompung lolona bone.
    Bone bumi arung palakka.
    Taro ada taro gau.
    N/B: Masyarakat bugis budayakan bahasa bugis, adat dan istiadat
    Buis.

  43. Di masa pertikaian gowa – bone NKRI belum ada, jadi arung palakka raja bone bukanlah penghianat bangsa indonesia tapi pahlawan sejati bangsa bugis khususnya bugis bone.
    Bone, soppeng, Sidrap Adalah cermin bugis sejati, berjuang melawan penindasan dieranya. selalu bersatu demi 1 nama BUGIS.
    Semoga dari sejarah Arung Palakka kita bisa ambil hikmahnya.
    Sompung lolona bone.
    Bone bumi arung palakka.
    Taro ada taro gau.
    N/B: Masyarakat bugis budayakan bahasa bugis, adat dan istiadat
    Bugis.

  44. “Betul Ndi…, Makanya mereka2 jangan bikin naek darah Wija to ugi BOne SOPpeng SIdenreng’e disini. Kita tidak mau berperang dengan siapa2. Tapi kalo ditantang terus menerus…..”.
    Memang harus ditegaskan bahwa kita pelihara semangat kebersamaan sesama orang bugis bukan cuma di masa damai.

  45. raja2 di sulaesi selatan itu kan masih bersudara,,,yg di bone yg di luwu soppeng dan sekitar nya,,,apa yg telah terjadi jaman dulu tidak perlu di ungkit2,apalagi tidk tau pesis sejarah nya,,,siapa yg bener siapa yg salah,,,,yg penting skarang marilah kita sama2 menciptakan tali persaudaraan ,,,supaya tidak bercerai berai seperti jaman dahulu kala,,,yg jelas kita semua adalah warga negara indonesia yg selalu menjunjung tiggi nilai2 kemanusian atas dasar pancasila,,,merdeka

  46. kalo jaman dulu sebelum ada nkri para raja masih ber kecimpung di dunia persilatan jadi wajar kalo mereka suka mengadu ilmu siapa yg ilmu kanuragan y lebih tiggi kata pendekar dari jawa maka dialah yg memegang tangguh kekuasaan kalo jaman skarang yg paling jago,,,siapa yg bisa korupsi triliunan rupiah ,,itulah jagoan nya,,,

  47. TONRA koe telasonu maneng

  48. assalammualaikum. Saudara saudari, apa kabar? Saya berada jauh dari tanah kelahiran asal 2orang tua. Jauh dari saudara saudari.. Sekarang kita berada di tahun 2010 zaman moden. MAJUKANLAH TANAH SULAWESI..
    Kenali sejarah diri sebelum membahas sejarah orang lain..
    Sempurnakan diri sebelum mengata orang lain..
    JANGAN SAMPAI ANAK CUCU KITA BERTANYA ‘apakah kejayan kita di zaman muda?’
    Semoga aman, makmur dan sentosa tanah Sulawesi. Amin.

  49. magai engkamo ga dowin’u muelo maneng jago…
    ajaini kasi;na …!
    accamminkko ri tau zogo’e………..

  50. “…BUGIS vs MAKASSAR….” jadi..???? siapa mi Yang menang…???? Truss…, Suruhmi pergi itu Istimu yg orang Makassar…, ato suruhmi Pergi itu Suamimu Yang Orang BUGISss..!?? ck..ck..ck.., Menurut saya.., SEJARAH itu Mari Kita Jadikan Sebagai Bahan Pembelajaran.., Mau siapa Yg Salah atau Yg Benar saat itu tdk usah di bahas..!? SEKARANG khan beda JAMAN.., lagian kalo Orang BUGIS ato MAKASSAR Kompak.., saya kira para ARWAH PAHLAWAN KALIAN baik itu SULTAN HASANUDDIN ataupun ARUNG PALAKKA di Alam Baka sana pasti akan Malu dan terharu melihat kalian sekarang ini…!??

    “..OKEMI..!????? :))

    • yg malu arwahx sultan hasanuddin
      karena dlu menjajah saudara sendiri
      akibatx keturunanx smua kena karma
      sehingga kebaxkan menjadi tukang batu tukang becak
      dan nda ada yg menonjol di mpr dan dpr
      bahkan sampai nanti nda bisa mexmai rekor orang bone yg bs sampai
      jd wapress
      MEWAKO BONE

      • ..jangan begitu sama saudara sendiri…itu semua adalah bagian dari masa lalu. jangan melecehkan profesi tukang becak ataupun tukang batu…..
        suku bugis ataupun suku makassar adalah suku2 yang terbaik…

    • ..siip..

  51. aqu bekturunan ugie sejati ibuqu asli kajuara(b0ne)dan bapaqu asal sedenreng.d lahirkan dan di besarkan d malaysia dan secara langsung aqu tidak tahu sejaranya bugis terutama sejarahnya arung palakka.aqu pernah mendengar mereka(bukan dari sukuqu) mengatakan yang arung palakka itu penghianat atas sebab membantu belanda dan atas dasar ingin tahu aqu tnyakan siapa dia arung palakka??dengan relexnya mereka menjawab rajanyanya b0ne..aduh ada rasa kecewa di hatiqu,,,apA benar??aqu mula bertanya pada orng tua2x tapi mereka seperti tidak memahami pertanyaanqu dan ku cuba mencari di dlam enternet nah semua jawapan tlh qu temukan wah ternyata arung palakka ini seorang pahlawan yang membebaskan bangsanya daripada terus di jajah.aqu heran kenapa membebaskan bangsa sendiri dari di jajah di pngil pnghianat

  52. ..sultan hasanuddin dan arrung palakka tetaplah yang terbaik….

  53. Anjing Loe Orang Gowa, Pokoknya Biar Gimanapun BOne Tetap Yang Terbaik..!!! By Anak B-1 Di Djogja!!!

  54. degaga jago selain orang bone…

  55. rumpa’na bone malebu mappada tello macidu sippada jarung..dara tea maccolo uli tea ma sape…kuarang ajara si bellang mata

  56. taro ada taro gau,,,,,itulah orang bone..de gaja go bone koe……..

  57. mau bone mau makassar.yg jelsnya skrg kt hidup dalm kesatuan negara RI.tujuan ta skrg,hadapi siapa sj yg akan mengganggu kedaulatan RI.

  58. Smoga Semangat itu TetaP slalu Ada di Hati Kita…
    AMien..!!!

  59. tabe…. pada idi’…sipakalebbi.. sipakatau… sipakainge’….
    junjung tinggi nilai kemanusiaan.. mari saling menghargai… dan menghormati… untuk kehidupan yg lebih baik. jamil To Bone

  60. Bagaimana Kisah Yg Sebenarnya…..

  61. Datang dan saksiakanLah …..
    sejarah beruLang …
    apakah orang makassar msh bisa menjajah org bone ?
    Tp percuma ….
    psti bone yg menang !!
    Tanya kenapa ?

  62. BOne sanG pengusa di sulawasi selatan!
    BONE!!!!!!!
    i Love Bone
    bone ba jaGo!!!!

  63. talaconu tonra,palatta koe

  64. dega jago,…..!!!!!!!!!!

  65. knapa mesti blng aneh2ka. sy ugi sinjai-mangkasa gowa istri sy org bone palakka msh turunan arumpone beladiri yg sy dalami sendeng bone dan tangka mks. sy sdh menjelajah seputaran nusantara, dmana ada pertikaian antara pendatang dr sulsel N suku setempat ntah org bugis,makassar,mandar,toraja slng bahu membahu dan sy pasti ada trut brjuang. kok bgn anak2 dkampung yg tdk melihat scr global tantangan dluar? sy prnah melihat teman dr bone dpanah org papua, sy membantu menghalau bgtpun sblkx ketika sy mau dparangi org papua diapun dgn gagah berani menghalau. apa yg kurang dr anak bugis bone dan apa yg jahat dr anak gowa. dtarakan kmrn bbrapa dr anakx daeng gassing (asli gowa/sopir pelbuhan)menjadi korlap ntk membawa pengungsi ke nunukan dan km data kbnyakan ibu2,anak2 dari bone. bgtupn sblkx baxk anak wajo N bone yg trn dlapangan halau anak2 dayau yg cr kepala. saudaraku yg merasa jago klo mau coba ilmu, cobalah ke kalimantan brhadapan dgn dayak pengayau kepala manusia. jngn sesamax salng mengkatai. wassalam

  66. tabe silalonna si. mohon maaf, sy lnjt lg. lbh baek rukun2 aja hilangkan sifat dendam dr saudara2 skalian. tdk ada untungx slng menjelekkn sesama. kita ini satu falsafah “siri” yg hrs djunjung tnggi. kmanapun anak makassar pergi, org stmpt tetap menyebt anak ini adlh anak bugis, bgtpun sblikx anak bugis dperantauan dsebt asal makassar. jngn coba menyebt Arung Palakka pengkhianat N Sultan Hasanuddin penjahat. kami anak perantau lngsng mencabut kawali/badik jk org suku stmpt brkata bgt. tp knapa anak2 dkampung sndiri bgt gampangx brkata bgt. sy ingt tman namax jabbar asal jeneponto dkatai arung tmanx belanda stlh brdiskusi dwarkop ttg sejarah sm anak batak ddumai krn tdk terima jabbar lngsng banting meja smbl meneteskn airmata dan brkata “nupakasirika sundala,tena niak anak sulawesi assikongkolok” pdhl jabbar slalu brkata tdk benar ada sesama darah slng membunuhi tp krn dlx belanda mengadudomba arung N karaeng. alhasil jabbar menikam 2org batak ddumai. dan skrng msh ada dbui si jabbar. continue…

  67. tabe lagi di. harap kash tenangq dirita di. jngnQ hax berani hax sesama. braniQ hadapi tantanganx kehidupan. klo dluar sulawesiQ tdk ada yg bntu dlm ksulitan kcuali sesama anak perantau dr sulsel. sejarah tdk boleh dlupa, asal jngn slh melangkah dr kesalahan masa lalu. arung n sultan tetap saudara sedarah dr nenek moyang I sawerigding. baso n baco, basse n becce aplg. arung dkubur dtanah yg sm dmakassar dgn sultan, dkarenakan menghormati sang kakak, paman yakni sultan. saudara2 yg benci org gowa ato saudara2 yg benci org bone ato saudara2 yg benci org wajo, cobalah kluar kampung yg tdk ada org bugis makassar. pasti anda merasa kesepian, tp pas ketemu org bugis dgn mks ato org mks dgn bugis pasti bahagiax minta ampun. krn saudara sedarah sdh ketemu. klo mauQ brtukar fikiran tlpnQ ke hp ku aplg yg pux minat dgn sendeng n tangka. Thanks. 082187578657.

    • Assalamu Alaikum, salam kenal Hang Tuah, Hang Tuah adalah laksamana di Riau anak dari Daeng Mampawah bangsawan asal Makassar, saya senang bisa membaca tulisan daeng. kapan2 jika Allah mengizinkan semoga bisa mempertemukan sesama anak rantau, saya mau bertukar pikiran ttg bela diri yang telah daeng sebutkan diatas, saya dulu pernah belajar Tangka di Makassar semoga daeng bisa membantu saya untuk memperdalamnya, saya yakin daeng seorang mumpuni. oh iya satu hal lagi daeng, apakah daeng hangtuah pernah juga belajar ilmu pedang? di Makassar kami ada tuh n pernah belajar ilmu pedang Melayu dan Makassar. Maafkan saya jika ada kalimat saya yang kurang berkenan buat daeng dan semua yg ada di blog ini karena sesama anak rantau pastilah ada kerinduan untuk saling berbagi. Hormta saya

  68. Salam ingatan tulus ikhlas daripada kekandamu Daeng Murpi Sarawakalsabah ketua keluarga Melayu dari rumpun Sulawesi.Saya ingin memperbetulkan salahfaham di antara suku-suku di Sulawesi tentang asal-usul kita semua.Sebenarnya semua suku yang asli Sulawesi adalah Bangsa Melayu daripada suku Bugis.Itulah sebabnya di tempat atau negara lain akan merujuk Bugis mengikut asal daerahnya di Sulawesi seperti Bugis SidenrengRappang,Bugis Makassar,Bugis Toraja,Bugis Bone,Bugis Mandar,Bugis Luwu,Bugis Buton,Bugis Kaili,Bugis Menado,Bugis Gorontalo dan lain-lain daerah asal Sulawesi.Mengikut fakta kita sebetulnya merebak di seluruh dunia dan majotiti tinggal di luar Sulawesi,Kita adalah suku paling ramai di antara semua suku-bangsa Melayu iaitu dianggarkan melebihi 50 juta jiwa.Kita terkenal sebagai bangsa Melayu yang berani,pelaut, pedagang yang pintar dan pekerja yang rajin.Suku Bugis pada keseluruhannya paras rupa yang berbeza kerana terlalu banyak perkahwinan silang dengan bangsa asing.Maafkan kekanda sekiranya mencetuskan polemik baru kepada semua asal Sulawesi.Kekanda di sini senantisa menjaga kerukunan asal Sulawesi kerana yakin dengan hujah sarjana dan intelektual samada dari asal Melayu atau Barat yang menyimpulkan bahawa semua suku asal Sulawesi adalah suku Bugis pada awal dan asanya walaupun berbeza agama,bahasa dan budaya.Perbezaan wujud kerana melalui masa waktu ratusan tahun.Itulah kita asli Sulawesi semuanya Bangsa Melayu daipada suku Bugis.Terimakasih saudaraku asal Sulawesi.

  69. Ingat sayang:semua Makasar,Bone,Sidenrang,Wajo,Mandar,Kaili,Toraja,Soppeng,Enrekang,Buton,Gorontalo,Menado dan asli Sulawesi adalah suku Bugis Bangsa Melayu.Salam hormat daripada kekandumu.

  70. ass daeng ku ri tanah sulawesi,,,
    kipammop’porang mamika die kodong……………
    disini jgn ada yg mau mencari siapa yang hebat atau siapa yang jago antara makassar dan bugis,,soalnya tidak’kah engkau mengetahuinya bahwa raja bone arung palakka itu adalah kakak dari raja gowa yaitu sultan hasanuddin……………..
    jd diantara kami itu adalah saudara,,janganmiki saling mau hebat ?
    tujuannya itu satuji,,,??
    untuk ke syurga….
    amin…amin…ya robbal alamin

  71. tabe di,tilaco to wajo.e

  72. ewa ko to bone aja melo di pakasirisi,anjing orang wajo

  73. kami orang bone,,hormat slalu pd pahlawan2 kami karna bone darah kehormatan bagi km,,
    km percaya 100% pd pendahulu2 kami………
    pokoknya DE’ GA JAGO……….

  74. [...] (Sumber: http://tanahbone.wordpress.com/2008/04/05/arung-palakka-sang-jagoan-batavia/) [...]

  75. selessurekku yamanenna to pada malebbie, elo’ka makkutana ko pada idi’ maneng, itu TONRA apa bukan bgian dari wilayah BONE ya, ko ada comment terdahulu yang memaki TONRA degan makian yg tidak pantas…. ne m’af ya….

  76. podo malampe’ sunge’ manengko mumancaji petta ponggawa. mutampa’ maneng aromu ri pada’ cukkae. mutampa’ aromu mumappada la so’ni karaeng massepe.

    • La So’ni Addatuang Sidenreng sang Ksatria nan Perwira. Petta Ponggawa Bone pada perang Bone melawan Gowa. Orang Bone Akan Selalu Mengingat jasanya ketika menumbangkan Karaeng Gojang Panglima yang gagah berani dari Gowa.

  77. narekko maeloki sappa asogiren laoni senkang, nasaba marekeng. Narekko maeloki sappa assi’gajangen loni bone, nasaba waraningen ri bone, tpi nareko maeloki sappa anre laoni soppeng kutujun’na batu2 lalennge tama permandian LEJJA. Nasaba de’gaga taunna soppeng mate temmanre. Mate ciami manre, tpi wedding mato pada tosicoba sigele bankung.

  78. asogireng ri senkang, awaraningen ri bone, anre ri soppeng.

  79. arung palakka selalu di hati

  80. we. janganmeki saling menjatuhkan dan menghina. . kurang ajar it org yg hina sultan hasanuddin sama arung palakka. beliau2 org besar. kalian apa? yang hina2 beliau tidak punya malu. tata krama, sama sopan santun. janganki bertengkar gara2 masa lalu yg belum tentu kalian mengerti. kalian tidk ad disana jadi jangan menilai seenaknya saja.

  81. knapa koq sy msk di blok ini….maaf saya ini orang jawa timur numpang koment yo”””setelah membaca dr awal ampe akhir, ak jadi lemes gt sebagai wrga negara indonesia, soalx ak pux teman orag bone, gowa, sengkang, soppeng, sidrap mereka pada baik2 koq, tp pada forum ini saling menghina satu sama lain yah, kata2 yg tdk pantas dan tdk jauh beda dng org yg tdk pux pendidikan bahkan lbh dr itu…sy mau tx kalian semua yg trlibat forum ini …betulkah fakta dan kenyataanx sejarah itu, klu fakta dn nyata saksi hidup mana,?? literatur yg anda baca, ditulis oleh bukan pelaku sejarah, hx copy paste doang tdk tau jelas sumberx gt…..berkacalah pada sejarah pahlawan revolusi yg katax dibunuh oleh pki, skr yg berkembang bgmn..jauh dr kenyataan. satu hal yg harus dipahami kawan2 jng trjebak oleh paham2 rasis, sukuisme krna akan melahirkan ketidaknyamanan, indonesia adlah satu, tdk ada negara didalam negara indonesia…tirms

  82. Bagi orang luar sulawesi tidak usah komentar mslh ini…jgn sok menasehati…jgn bawa2 Indonesia dlm wacana ini krn Negara pada saat itu blm terbentuk…Orang bugis-makassar adalah saudara…

  83. bro menyampaikan kebernaran wajib hukumx..sy tdk persoalkan persoalan negara atau kerajaan yg menjadi maslah mereka brtengkar dan menghujat satu sm lain, apakah sekarang model kerajaan sprti dl…? mas ingat skr indonesia bukan kerajaan lg, ngapain brfikir keblakang…payah ini orag berfikir mundur …..

  84. Hahaha….sy blm tahu siapa sbnarx yg payah kasi komentar…mengingatkan itu baik adanya…tp klo komentar tanpa tahu apa yg kau komentari bagi sy adalah hal yg lebih parah dan payah…..simpan nasehatmu buat dirimu sendiri terlebih dahulu kawan….

  85. Parajai addampeng silesaurengku maneng….tongeng nasengnge silessurengT Hang Tuah….
    Degaga gunana topada mangnguja…sisala-sala…nasaba idi to ogiE na to mangkasaE padamua yaku massalisureng manengki…iyami wedding ifikkiriki fekkugi carana,wanua ta sulawesi mancaji wanua mabbarakka lao ri idi maneng monroe makkatuo ri tana sulawesi….
    Iya wijanna La Soni – La Temmamala…makkekuae marape’ka ku Banten…Tenniaka Arung iyaregi Karaeng…La Umar Pawakkangi aseng ogi’ku….tabe die….wassalam….

  86. Assalamualaikum…
    Sepakat dengan saudara Hang Tuah dan saudara Anak Rantau Balikpapan…bahwasanya sesama wija/orang sulawesi selatan adalah saudara, jika kita berada di perantauan akan sangat bahagia rasanya bila mendapat/bertemu dengan orang sulsel…bagai bertemu dengan keluarga sendiri…Usul yang bagus juga jika ada upaya pelestarian budaya sulsel baik dalam seni maupun dalam hal beladiri tsb.tiada guna saling mencerca dan mencela…Siapa yang akan melestarikan jika bukan kita semua generasi pelanjut sulawesi selatan…

    Wassalam
    Salam Wija Sulawesi selatan dari tanah Banten….

  87. Arungg,,,,, Pallakaa….!!

  88. Makassar & Bone sama2ji pnghianat,Kalau bukan karn Luwu, kalian tdk akan ada. Tapi bgmn sikapmu sm Luwu skarang dan d masa lalu??,. kau tidak prnah akuimi lg, bahkan kitab Ilagaligo di kalim sbgai kitabnya bugis.

    • Mohon info : org luwu itu bugis apa makassar apa mandar atau toraja’ bahasa apakah yg dipakai org luwu dulu sampai sekarang???

  89. sekali lagi kita sekarang bukan lagi sebuah kerajaan akan tetapi propinsi sulawesi – selatan, jika kita ada dimasa kerajaan wajar saja jika kita bersikap demikian karena masing-masing kerajaan punya kekuatan dan misi yang sama.

  90. HAhaha… Opuna Ware’ numpang Lewat :D

  91. Hae mangkasa sadar kombe ko apa banya bangsamu tukang beca,tukang batu,tukang gali wc.makassar pernakah ko dngar sultan hasanuddinmu seorang jagoan,sama juga skarang makassar brani kalau ramai aja 1 lawan 1 lari. Ko dengar dan baca sejarah ARUNG PALAKKA SANG JAGOAN BATAPIA TA TERKALAHKAN bukan sultanmu ayam jantan dari kolom rumah.pasal menjaja sesama indonesia itu salah di jaman ARUNG PALAKKA belum ada indonesia masing2x berdiri sendiri

  92. Wija tho BONE TARO ADA TARO GAU MANGKAU RI BONE RAJA AGUNG YG TA TERKALAHKAN IDI MI PUANG PETTA MALAMPE’E GEMMENNA/ARUNG PALAKKA SANG JAGOAN

  93. Klo sy melihat org2 bugis bone ini sama sj di mana pun berada, kalau tidak menghina suku lain (wajo, makassar, kaili, lluwu, dll), pasti selalu sukunya diangkat2 sendiri sebgai suku terbaik, bahkan terbaik didunia. Maka jadilah org2 bone memiliki karakter arogan dan sombong yg selalu kurang mendapat simpatik dari orang2 di sekitarnya. Kalaupun ada yg simpatik pasti karena ada maunya.
    Menyinggung mslah pejabat di pusat, memang benar bahwa hanya orang bone yg berkuasa di sana, sebut sj si Andi Malarangeng, Andi Nurpati, Andi Muhammad Galib, dan termasuk orang bone pengikut aru si palukka do’e, Nurdin Kholide. Mereka ini adalah orang2 hebatnya bone, yakni cerdas , org baik2 (tidak makan batu dan minum oli), tidak mencuri cuma korupsi (hehehe….yah..hanya 144 Milyar ), halus tp kasar, sopan tp penjahat, dan segudang kebaikan (menurut si bone-bone) yang mereka miliki, hehehe. Orang2 bone memang tidak pernah mencuri tp perampok dan penipu ulung. Di hampir semua pasar, kalau ada orang bone jual emas pasti curang karena dalam emas diisi besi biar lebih berat. Penipu sejarah, pengkhianat si Aru palukka dibalik menjadi pahlawan. Kitab lagaligo mestinya asli dari luwu pun diklaim bone sebagai kitabnya. Pokoya semua yg baik di klaim dari bone, hehehe, kacian the loe.
    Kata orang’ sejarah tidak pernah bo’ong, tp yg banyak dustanya adalah ahli sejarah apalgi dari Bone. Semua di rekayasa orang bone untuk menunjukkan eksistensinya di sulawesi selatan padahal dulunya hanya seorang budak. Liat sj andi nurpati dan Nurdin halid, penuh intrik dan rekayasa sebagai bentuk ajaran dari aru palukkkaaaaaaa….
    Bone…bone, mulutmu harimaumu
    Belum ada sejarahnya org sombong akan menang
    Fir’aun sj dengan segala kekuasaan,diliputi dengan gemerlap harta dan dikelilingi wanita2 cantik, toh akhirnya jatuh jg.

    • itu artix bugis bone selalu ber satu
      tdk seperti gowa yg hanya mementikan dirix sendiri
      camko… itu
      klo qm tdk suka jng menhujatt d sini
      disini tempatx memujah sang pembebass.
      tapi haruss di akui makassar sebenarx cemburu sama org bugiss
      krn d mna mna bugis banyak yg berjaya & sukses
      bahkan di kota makassar sendirii

      ingatt bugiss sellalu bersatu……………

    • dulu waktu kecill, saya sangat mengagumi sultan hasanuddin
      bahkan lukisanx (fotox) saya simpang di kamar ku
      tapi setelah saya membaca buku sejarah
      ternyata sultan hasanuddin lah yang menyikksa nenek moyang kita dulu
      padahal ke raja’an bugis tidak pernah menjajaah ke rajaa’an GOWA
      saya sangat sedih knp?. sultan hasanuddin tegah menbunuh org yg tak ber daya dari ke raja’an bugiss

  94. arung palakka memang djago..

  95. anak tau tedonk mappa tai lacoo,.,.??/

    acaiinooo nangreko asu jageng,.,.???

  96. jdi hal2 kcil yg kyak bgini mi ini bsa mxulut perang,,, sejarah tinggal sejarah,,, degaga jago,,! puang allah ta’alla bwang,,! saya ulla’,,siapa yg kbratan tmuika’ lngsung ,,,

  97. MAKASSAR: MANGGA 3,,,,,,,,BONE: JL.AHMAD. YANI,,,! tidak ada orng yg senaang ktika sukux di hina, tpi apakah benar kira2 klo kta’ smua mninggikan suku kta’ msing2 sampai melampau tuhan,,, good bye mi saja’. sampah. kyakx 1 kata mntongji sya yg bsa satukan suku di sulawesi… cma kata “TAILASO”

  98. Bugisi bone emank tawaa bukanji’ penjahat tp…….PERAMPOK. Ini riil, liatmi pejabat2 pusat dr Bone (Nurdin Khalid, Andi Nurpati, dll). Meskipun mrk-mrk ini tdk representatif bg org bugis bone ttp mrk ini adalah cerminan perilaku org2 bone. Hidup bone perampok! ewako…dooooong
    Sy lebih menghargai org2 mkssar yg kebetulan bekerja menjd tukang becak, tukang batu, dll demi memenuhi sesuap nasi bg keluargaya drpd bugisi bone yg jd pejabat tp ternyata PERAMPOK. Sdh kayami, mw lg lebih kaya, dasar serakaaaaah. Skrg yg dibutuhkan bukti & tindakan nyata bunk, bukan ucapan kosong yg sllu menganggap dirinya org baik2, sllu mrasa paling unggul dr org lain. MUNAFIK loe bugis Bone. Emank benar kok dr dlu pahlawannya seorg pengkhianat. Saat raja2 di seluruh Nusantara (bkn Indonesia) bersusah payah berjuang melawan penjajah (bangsa asing), eh, malah si Arung Palukka berteman & bersahabat bahkan minta bantuan ama penjajah. Berani tawwa…..berani takutnya. Buktinya, Andi Malarangeng pernah mengkhianati org bone sendiri bhw belum saatnya org bugis jd presiden hanya krn ingin menduduki sebuah jabatan. Bg org bone, apapun akan dilakukan,bila perlu berkhianat dgn saudara sendiri, yg penting dirinya bisa survive, persetan dgn org lain. Berbeda dgn Ryaas Rasyid (tokoh asal makassar) meskipun namanya tenggelam ttp beliau msh lebih bersih & lebih baik dibanding tokoh2 asal bone perampok.
    Orang bone sok jagoan? merasa paling hebat ya. Seharusnya org bone byk belajar dr peristiwa perang antara suku Madura dan suku Dayak. Org2 Madura yg sllu menganggap dirinya jago sekalimi krn pegang clurit dan jago silat (kebal senjata tajam), ternyata di babat abis org2 dayak yg slama ini org dayak dianggap bodoh krn byk diamnya. Nonton filmya bunk bugis bone, filmnya asli original tanpa sensor dr kamera handphone. Org2 Madura yg sok jago dikejar abis-abisan org dayak. Org Madura minta tolong ama polisi yg ada di dlm mobil tp pintu mobil g dibuka. Org Madura dlm keadaan hidup, ditebas abis dgn Samurai org Dayak, kepalanya rontok terlepas dr badannya, dadanya dibelah, jantungnya diambil dan dimakan mentah2 oleh org dayak krn saking marahnya. Kepalanya di bawa jalan2 sbg bukti kpd sukunya, matanya di tusuk dgn panah berulang kali sampai tembus bagian belakang. Tdk ada satupun polisi yg berani menolong org Madura (Polisi di dlm mobilji sambil melihat kesadisan org Dayak). Setelah org Madura jd mayat (sisa badan tanpa hati) baru polisi berani keluar dr mobil mengangkat mayatnya ke atas mobil. Peristiwa ini mgkin akan terulang di Sulawesi Selatan bila org2 bugis terlalu byk menghina org Makassar. Ingat bung, org makassar diam bukan berarti takut!

    • andiandiandi, aq syrat kn qm seharusx tdk menhina suku kami krn d sini tmptx mmujah sang pembebas, klo mauu menhujat msuk az d google pahlawan’mu yaitu ( riwayat hidup sultan hasanuddin)

    • mungkin saat itu akan tiba . . . saat orang bone kembali berperang dengan orang makasar, yang harus kalian ingat bahwa kami orang bone sebenar nya manusia biasa yang tak senang bila terusik. anda bisa liat sendiri mungkin banyak mi anak bone yang gemparkan kota makasar tikam sana sini (ga mo sombong tapi kenyataan) . . . walaupun ada juga yang pernah dikerjai (dikeroyok) oleh pihak lawan tapi kami orang bone tak akan gentar dan terus memperjuangkan ap yang di anggap benar.
      jangan sampai lah ada perang lagi, hargailah orang lain kawan siapapun dia. apapun yang pernah dia perbuat. jangan sampai badik leluhur kalian minum darah lagi. . .

  99. andi nurpati orang wajo

  100. andiandiani qm tllis ttng sejarah atau curhat sihh, d sini bukan tmptx org curhatt, INGATKO,,,,,,d sini tmptx memujah org bugis bukan s enakx qm org makassar mnjelek jelk kn org bugis kususx bone, klo qm tdk suka jng coment disini …………..

  101. saya org SIDRAP , tapi saya bangga sama org BONE
    krn sda terbukti banyak pemimpin nasional
    dri BONE yg berjaya di indonesia
    & mengharumkan nama sulsel
    arus di akui BONE pusatx org pintar dri sulsel

  102. ciri-ciri bangsa primitif yakni suka menindas orang (bangsa)lain. kita akui dulu kita adalah orang2 primitf jadi wajar sering terjadi hal2 yang diluar nalar, melukai, membunuh, merampas, merampok, dsb adalah ciri2 bangsa primitif masa lalu.

    sekarang waktu telah berlalu. kehidupan pun tak lagi primitif. TAPI…. banyak diantara kita yang masih menunjukkan perilaku bangsa primitif.

    orang GOWA katanya MODERN kampungnya Makassar sudah jadi kota metropolitan, tapi KALAU Masih suka menindas, merampas, merampok, membunuh, sama aja bohong. PRIMITIF TONJI.

    orang Bone katanya bangsa terhebat di sulsel, banyak tokoh2 nasional yang berdarah bone, itu karena mereka bukanlah orang2 yang berwatak PRIMITIF dan saya sangat respect sama MEREKA … TAPI SAYANG ORANG2 YANG FANATIK BUTA MEMBELA MEREKA SAMPAI2 mau membunuh dan menindas ADALAH BUKTI SEBUAH perilaku PRIMITIF.

    masihkan kita akan terus seperti ini terkungkung dalam cerita sejarah yang belum tentu kebenarannya, karena cerita yang diberikan sangat bersifat subjektif… tergantung siapa yang meriwayatkan!!!

    RENUNGKANNGI CIKALI!!!!

  103. jempol bwt arung palakka .

    oleh:
    BAKKA LOLONA SAWITTO

  104. saya steju klo di sini tmptnya memujah sang pembebass
    ada yg bilang arung palakka adalah penhianatt
    ada juga yg bilang klo arung palakka adalah sang pembebass bugis
    & bgi suku bugiss memang sngat mengagumi arung palakka
    ttapi suku makassar sngatt membenci & mengaggap arung palakka adalah seorang penjahatt (penhianat)
    setelah keraja’an GOA di hancurkan OLEH pasukan arung palakka
    yg di bantu oleh VOC
    sampai saat ini suku makassar masih ada yg membenci arung palakka
    bahkan kuburannya arung palakka di goa sama sekali tidak terawatt

    arung palakka sudah di takdirkan untuk menjadi sang pembebas bugiss
    untuk bugiss kita tidak boleh menjellek jelek kan sultan hasanuddin
    walaupun makassar menhujatt & menjellek kan arung palakka

    walaupun pahit bagi suku bugiss pada jaman orde baru
    mencap arung palakka adalah penhianatt
    tapi bugiss aruss ttp bangga sama arung palakka yg telah membebaskan orabg bugiss dari ke tidak adilan,di perbudak, disiksa & di bunuh oleh keraja’an goa pada jaman itu

  105. arung palakka nama’mu tetap kami kenang
    dan perjuanganmu tetap kami hormati
    kami suku bugis bangga punya arung palakka
    yg membebaskan bugis pada jaman itu
    terimalah arung palakka sebagai sang pembebas bugiss

    passompe’cau kooee

  106. Tabe, idi mi bawang iya kokoe launa mabela, degaga wiseng masalah Aru Pallaka nasaba koka di sumatra minro peke, yang penting aja muangkaga
    nasaba pada idi, engka pepata makkeda sipaka inge sipakalabi,

    some how i left in sumatra but i very proud tobe a bugis People

    yang dulu sudahlah sekarang jamannya bersatu

  107. aja pada macigau,,,,,,,
    so” PATTERING MANENG”KOW,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ahmad koe’ tobone

  108. tidak ada yng kalah kan to bugis bone

  109. saya juga orang bone tinggal di palakka..
    ewako ugi……aja mu lari,

  110. Ogi mutokka,…………………….. andi malla’ rangeng mangkasaa…

  111. jangan mi dibahas saudarah emang kalian tau sejarah yang sebenarnya ini juga yang ada di internet belum tentu juga benar yang tau cuan ALLAH, sekarang kalau kalin salinh menghina sejarag itu bisa berubah, sekarang solusinya sejarah yang lalu kita kenang dan di jadikan bahan pembelajaran MAKASSAE,BONE,WAJO,SIDDRAP,SENGKANG SEMUA OARANG SULAWESI JI SEKARANG JAN MAKI SALING MENGHINA NA KETAAI JAKI ITU PARA LELUHURTA KALAU MENGHINA KI

  112. memank begitu anak bugis(bone,soppeng,sidrap,barru,pare2,enrekang,pinrang,pangkep,sinjai,dll) memank terbaik dii sulawesi. keturunananya arung palakka.

  113. BAGUS..BAGUS..
    TRAGISSS..SESAMA SUKU SALING BUNUH…

    TERUSLAH BERKELAHI KLO PERLU CAKAR,GIGIT,INJAK ATO TELAN SEKALIAN…

    SAYA SUNGGUH SENANG DENGAN SITUASI SEPERTI INI,
    JADI TIDAK PERLU REPOT REPOT KELUARKAN TENAGA…

    HARI INI ARUNG PALAKKA VS SULTAN HASANUDDIN,
    BESOK TOLONG BIKIN EPISODE BARU LAGI…
    YANG LEBIH SERUUUUUUU

    HAHAHAHA…

    TERUS MAKI,TENDANG,PUKUL,BAKAR….

    de ziel uw koning in de hemel zou triest om jullie allemaal te zien

    ITU BAHASA BELANDA,SILAHKAN DI TRANSLATE…

    HAHHAAHAHAHAHAHHHAHAHAAHAHAHAHAHAAA
    HIDUP PENJAJAH
    HIDUP BELANDA

  114. GENERASI SEKARANG MEMANG SUNGGUH BODOH,
    TIDAK MAU BELAJAR DARI MASA LALU
    MEREKA TIDAK TAHU KALAU KAMI YANG ATUR RAJA RAJA MEREKA SUPAYA MEREKA BISA SALING BUNUH…

    KAMI TUNGGU EPISODE SELANJUTNYA,
    SAWERIGADING VS …. ???

  115. belanda gmana mau hidup , belnda juga d tumpas koq,aru pallka layak mendapak gelar pahlwa nasional..Coba wktu dlu orng bugis khusus nya bugis bone jadi persiden pasti dapat gelar pahlwan nasional..t@ tp jgn andi malarggeng jd persiden itu pengknat orng bugis,,,,setuju kan.???????

  116. DE GAGA JAGO
    YATTUNGKA THO VHENDRANK

  117. iyya saya selaku keturunan belanda saya tetap mendukung arung palakka sebagai raja yg d takuti jangankan arung palakka cucunya saja di kota mana pun pasti ada wilayah kekuasaannya materru memang tho bone weee de nasippada mangkas’e masegge kampong malessi topa minnau sandala

  118. TIADA YANG BESAR KECUALI ALLAH SWT
    TIDAK KEBEBASAN DAN KEMERDEKAAN TANPA SEIZIN ALLAH SWT
    TIADA HEBAT KECUALI ALLAH SWT
    BUKTINYA KARAENG MATE TO, ARUNG MATE TO, TANTARA MATE TO, PAK CAMAT MATE TO, PACARAMAH MATE TO …
    ORANG MAKASSAR MATE TO, ORANG MAKASSAR MATE TO
    JANG MENGHINA, JANGAN SOMBONG, JANGAN TAKABUR …..
    BUKTINYA SMUANYA MATI, SULTAN HASANUDDIN SUDAH MATI, ARUNG PALAKKA SUDAH MATI, SEMUA MANUSIA AKAN MATI, DUNIA AKAN MATI

  119. SEMUANYA HANYA COBAAN, YG JD KARAENG ADALAH COBAAN, YANG JADI ARUNG ADALAH COBAAN, YANG JADI WAPRES ATAU PRESIDEN ADALAH COBAAN, YANG JADI TUKANG BECAK ADALAH COBAAN, YANG JADI TUKANG BATU ADALAH COBAAN.

    TAK ADA YANG BISA DIBANGGAKAN DARI SEMUA INI.
    INGAT KITA SEKARANG HIDUP DI AKHIR ZAMAN, PENGADILAN ALLAH AZZAWAJALLAH SUDAH MENANTI

  120. Dasar penghianat raja boneNG , pantasan jago punya dekengan balanda VOC

  121. [...] Arung Palakka, Sang Jagoan Batavia [...]

  122. “””knapa mesti blng aneh2ka. sy ugi sinjai-mangkasa gowa istri sy org bone palakka msh turunan arumpone beladiri yg sy dalami sendeng bone dan tangka mks. sy sdh menjelajah seputaran nusantara, dmana ada pertikaian antara pendatang dr sulsel N suku setempat ntah org bugis,makassar,mandar,toraja slng bahu membahu dan sy pasti ada trut brjuang. kok bgn anak2 dkampung yg tdk melihat scr global tantangan dluar? sy prnah melihat teman dr bone dpanah org papua, sy membantu menghalau bgtpun sblkx ketika sy mau dparangi org papua diapun dgn gagah berani menghalau. apa yg kurang dr anak bugis bone dan apa yg jahat dr anak gowa. dtarakan kmrn bbrapa dr anakx daeng gassing (asli gowa/sopir pelbuhan)menjadi korlap ntk membawa pengungsi ke nunukan dan km data kbnyakan ibu2,anak2 dari bone. bgtupn sblkx baxk anak wajo N bone yg trn dlapangan halau anak2 dayak yg cr kepala. saudaraku yg merasa jago klo mau coba ilmu, cobalah ke kalimantan brhadapan dgn dayak pengayau kepala manusia. jngn sesamax salng mengkatai.lbh baek rukun2 aja hilangkan sifat dendam dr saudara2 skalian. tdk ada untungx slng menjelekkn sesama. kita ini satu falsafah “siri” yg hrs djunjung tnggi. kmanapun anak makassar pergi, org stmpt tetap menyebt anak ini adlh anak bugis, bgtpun sblikx anak bugis dperantauan dsebt asal makassar. jngn coba menyebt Arung Palakka pengkhianat N Sultan Hasanuddin penjahat. kami anak perantau lngsng mencabut kawali/badik jk org suku stmpt brkata bgt. tp knapa anak2 dkampung sndiri bgt gampangx brkata bgt. sy ingt tman namax jabbar asal jeneponto dkatai arung tmanx belanda stlh brdiskusi dwarkop ttg sejarah sm anak batak ddumai krn tdk terima jabbar lngsng banting meja smbl meneteskn airmata dan brkata “nupakasirika sundala,tena niak anak sulawesi assikongkolok” pdhl jabbar slalu brkata tdk benar ada sesama darah slng membunuhi tp krn dlx belanda mengadudomba arung N karaeng. alhasil jabbar menikam 2org batak ddumai. dan skrng msh ada dbui si jabbar.harap kash tenangq dirita di. jngnQ hax berani hax sesama. braniQ hadapi tantanganx kehidupan. klo dluar sulawesiQ tdk ada yg bntu dlm ksulitan kcuali sesama anak perantau dr sulsel. sejarah tdk boleh dlupa, asal jngn slh melangkah dr kesalahan masa lalu. arung n sultan tetap saudara sedarah dr nenek moyang I sawerigding. baso n baco, basse n becce aplg. arung dkubur dtanah yg sm dmakassar dgn sultan, dkarenakan menghormati sang kakak, paman yakni sultan. saudara2 yg benci org gowa ato saudara2 yg benci org bone ato saudara2 yg benci org wajo, cobalah kluar kampung yg tdk ada org bugis makassar. pasti anda merasa kesepian, tp pas ketemu org bugis dgn mks ato org mks dgn bugis pasti bahagiax minta ampun. krn saudara sedarah sdh ketemu. klo mauQ brtukar fikiran tlpnQ ke hp ku aplg yg pux minat dgn sendeng n tangka. Thanks. 082187578657. “””

    • saya stuju dgn pndapat anda..

    • pikiran sy langsung terbuka membaca tulisan ini , sy merinding membaca pengalaman jabbar si orang jeneponto , disisi lain dia digambarkan sebagai seorang yang “tupa’bambangang” namun disisi lain dia seorang yg memiliki “Siri’ na pacce”

  123. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh………
    Sdr-sdrku baik dari etnis bugis maupun makassar, saya mengajak kita semua untuk segera meninggalkan budaya saling serang dan saling hujat, seharusnya sejarah membuat kita semua menjadi lebih dewasa baik dalam berfikir maupun bertindak, tidak perlu saling menuduh tetapi alangkah baiknya jika kita saling mendukung untuk membangun Sulawesi Selatan menjadi Propinsi yang berwibawa dan bermartabat

    Saya asli orang bugis Bone (Ke 2 orang tua berasal dari Ds. Paejo, Kec. Ulaweng, sekitar 22 km dari Kota Bone) dan besar di Kota Makassar atau Mangkasara, kemudian sekarang berdomisili di Mataram (Pulau Lombok)

    Saya sering merasa bangga dan tersanjung jika etnis lain di Nusantara ini bercerita tentang kebesaran 3 kerajaan masa lalu di Sulawesi Selatan, yaitu Kerajaan Gowa, Kerajaan Bone dan Kerajaan Luwu, lalu kenapa sekarang kita yang tidak terlibat dalam sejarah dan tidak mengetahui secara jelas permasalahan masa lalu, saling serang, saling hujat, apa untungnya beradu parang atau badik yang konsekwensinya sama sama menderita, kalah jadi abu menang jadi arang.

    Atau apakah ini hanya segelintir orang yang suka diadu/mengadu domba sementara dia bukan domba…………….atau domba-domba yang berwujud manusia ????????, jika betul demikian alangkah sedihnya arwah parah pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya berjuang demi kenyamanan generasi penerus bangsa ini.

    Kita jangan bangga dengan badik atau parang yang kita miliki, karena semua akan berakhir dengan kesedihan dan penyesalan.
    Isilah waktu dan kesempatan yang ada untuk mengejar PRESTASI dibidang bidang yang dapat memberikan nilai positif, jadilah kebanggan orang tua,bangsa dan negara yang kita cintai ini.

    Amin………….

  124. tolona ngaseng inne,masyarakat dulu blm ada istilah nasionalisme,blm ada sekolah,jd mereka mash bersifat kedaerahan,baik sultan hasanuddin maupun aru palakka tdk ada yg salah,niat mereka semua baik,hanya sj wktu itu yg berkuasa sultan hasanuddin jd yg lain pasti digambarkan sebagai pemberontak,semua itu sejarah,kita generasi anak bugis makassar tdk sepantasnya bersikap kedaerahan kayak bgitu,saling menghujat,tp qt semua bersaudara sebagai rumpun bugis makassar. qt bersatu tuk membuktikan kapada suku bangsa di negri kita ini klo suku bugis makassar itu suku yg besar,bjiwa pemberani,sekali layar berkembang pantang surut kelautan,siri na pacce,bgitu lah gambaran orang bugis makassar,

  125. kalau bagi saya sultan hasanuddin atau arung palakka sama aja, tidak ada bedanya semuanya haus kekuasaan. tapi, kalau pahlawan bugis menurut saya hanya satu idaman saya yaitu lamaddukelleng arung matoa wajo yang bisa membebaskan wajo dari kekuasaan bone tanpa bantuan belanda. bahkan di keroyok oleh bone dan aliansinya serta belanda masih bisa berhasil membebaskan wajo dari kekuasaan bone itu baru pahlawan sejati.

  126. arung palakka orang Asli GOWA cess bukan orang bugis,, dia cuman mau berkuasa karna dia adek jadi tdak jadi raja di gowa,, sudah jelass ORANG DARI GOWA JEE kau sembahh jugaa… NASSUNDALANUU TOBUGIS…

  127. semuanya orang yang tak tw ilmu sejarah,.. kalian smw berargumen brdasarkan kedaerahan kalian tp bacalah baik2 sjarah n fakta yg bnar dan pandanglah scr objektif

  128. kita sebagai anak turunan mungkin sebaiknya berhati-hati dalam memberi penilaian terhadap yth.Arung Palakka La Tenri Tatta Malampe’e Gemme’na.Apalagi kalau penilaian kita mendiskreditkan belaiau. Banyak rahasia yang melingkupi siapa beliau sebenarnya. Menurutku beliau adalah salah 1 anggota Wali 7 (Wali Pitue) yang derajatnya dekat di Sisi Allah SWT.
    > ali, email : eurindo_tg@yahoo.co.id FB ; mas ali12382

    • Dlm perang bubat, keluarga kerajaan galuh pajajaran sekeluarga dibunuh oleh gajahmada dkk dari majapahit karena tdk mau tunduk. Orang2 pajajaran tdk mengatakan gajahmada penghianat indonesia, karena mereka tdk tahu apa itu indonesia dan dimana indonesia. Keturunan pajajaran mengatakan gajahmada musuh pajajaran, bukan penghianat pajajaran. Karena istilah penghianast saat itu artinya orang yg satu kerajaan tapi bekerjasama dg musuh (entah sekarang apakah masih sama istilah itu), sedangkan Gajahmada setahu orang2 Pajajaran adalah bukan rakyat Pajajaran. Namun sekarang orang2 di Jawa Barat (tempat berdirinya Pajajaran) tdk menganggap orang2 Jawa Timur (tempat Majapahit) sbg musuh, krna sdh berbeda jaman. Artinya orang2 makasar tdk perlu mengatakan bahwa Arung Palakka penghianat Gowa (krna beliau bukan org Gowa, tapi musuh), apalagi mengatakan Arung Palakka penghianat Indonesia. Saya yakin Sultan Hasanudin tdk tahu apa dan dimana itu Indonesia.

  129. kalau saja aru palakka seorang jagoan tanpa tanding kenapa
    - harus cari bantuan (voc) untuk melawan Sultan Hasanuddin
    - badan tinggi besar tp masih kabur dalam pertempuran menurut saya itu sangat memalukan,
    dalam budaya bugis makassar seseorang yang melarikan diri atau kabur dalam pertempuran adalah sebuah sikap yang sangat tidak terpuji bahkan kabur sampai kebuton
    -jika alasan kalian mengatakan saat itu jumlah tentara sultan hasanuddin banyak , bukankah dari zaman nabi nuh suku bugis lebih banyak dari suku makassar,intinya hanya keberanian dan sikap kesatria.

  130. terlepas dari masalah “penghianatan dan kepahlawanan” sy hanya melihat dari sisi keberanian atau siapa yg paling kesatria, sy melihat secara objektif bahwa Sultan hasanuddin lah yg paling pemberani (merujuk dari kisah kisah perlawanan beliau yg selalu unggul dalam beberapa peperangan), sehingga belanda pun menjuluki beliau “De Haantjes van Het Oosten ” seandainya saat itu jendral Cornelis Janszoon Speelman tidak mau membantu aru palakka, mungkin sampai hari ini bugis tetaplah bugis bone tetaplah bone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: